NasionalPemerintahanTerkini

Akhir Tahun, Harga Kebutuhan Pokok Di Kutim Melonjak

Jejak Khatulistiwa.co.id, Sangatta – Menjelang akhir tahun selalu menjadi ajang kenaikan harga sejumlah bahan pokok. Entah itu dipasar tradsional maupun pasar modern. Kenaikan harga diduga karena konsumsi bahan pokok masyarakat meningkat sementara stoknya terbatas.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan diantaranya, cabai besar hijau dan merah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, seledri, daun bawang, telur, ayam potong serta bahan pokok lainnya.

“Naik semua, cabai rawit Rp.60 ribu per kg, bawang merah saat ini Rp. 40 ribu, bawang putih Rp.35 ribu. Sementara untuk cabai besar hijau dan merah lagi kosong. Kemungkinan nanti harganya bisa mencapai Rp.70 ribu per kg,” jelas Selamet salah satu pedagang di Pasar Tradisional Sangatta Selatan. Selasa, (22/12/2020).

Dibandingkan awal bulan, seperti telur ayam ras semula diharga Rp.45 ribu kini mencapai Rp.58 ribu. Untuk ayam potong Rp. 35 ribu saat ini Rp.42 ribu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kutim, Zaini mengatakan pihaknya telah melakukan pemantauan harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru. Selain itu tertib niaga juga pemberdayaan konsumen di dua kecamatan.

“Kita sudah arahkan tim untuk bergerak meninjau harga dilapangan. Terutama didua daerah Sangatta Utara dan Sangatta Selatan,” ujarnya.

Selain untuk mengecek ketersedian juga masa berlaku produk di toko. Meskipun sempat ada temuan produk yang tak layak konsumsi. Pihaknya meminta agar kepala toko segera memindahkan agar tidak terpajang lagi.(Fitri)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button