KutimTerkini

Curah Hujan Tinggi, Babinsa Muara Bengkal Ingatkan Warga

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Babinsa Koramil 0909-05/Muara Bengkal, Kutim Serma Suryanto dan Koptu Selamet terus pantau debit air sungai yang mulai meluap akibat curah hujan yang cukup tinggi di Kecamatan Muara Bengkal. Mereka mengingatkan masyarkat untuk selalu waspada karena bencana banjir bisa terjadi kapan saja. Minggu (15/5/2022).

Pemantauan dilakukan, mengingat di wilayah tersebut ada beberapa titik yang diperkirakan dapat berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor, sungai ini pun melintasi Kecamatan Batu Ampar menurutnya keadaan cuaca saat ini curah hujan yang yang tidak menentu.

Untuk mengetahui secara dini debit air sungai tersebut, Komandan Koramil Kapten ARH M.Jabal memerintahkan para Babinsa agar rutin terus memantau dan meninjau ke titik lokasi daerah rawan banjir maupun tanah longsor.

“Babinsa juga diminta untuk terus berkoordinasi dengan Babinkamtibmas, Kepala Desa serta perangkatnya untuk memastikan langsung keadaan ketinggian air saat ini,” ucap Danramil.

Selain itu, kata Babinsa Serma Suryanto banjir kiriman dapat terjadi sewaktu-waktu yang mengakibatkan air Sungai Muara Bengkal-Batu Ampar meluap sampai ke permukiman warga, badan jalan dan areal pertanian, yang dapat mengakibatkan kelumpuhan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan pantauan Babinsa, Ia mengatakan ketinggian air berada di status siaga. Meski demikian para Babinsa harus tetap memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait, sebagai wujud antisipasi terjadinya banjir. Hal itu mengingat perkembangan situasi dan kondisi yang bisa saja berubah-ubah.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan masyarakat apabila air sudah ke permukaan atau ke permukiman warga maka mereka harus segera melaporkan hal itu agar segera di evakuasi,” tandasnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button