KaltimKutimPolriTerkini

Ini Tujuan Silahturahmi dan Pembentukan Pokdar Kamtibmas Desa Sangatta Selatan

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID- Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungan rukun tetangga sangatlah penting jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian Indonesia, maka dari itu dibentuklah Pokdar Kamtibmas di RT 15 Jalan Tepian Pantai Desa Sangatta Selatan, Kutim. Jumat (26/11/2021).

Dalam kesempatan ini di hadiri langsung oleh Kasat Binmas Polres Kutim AKP Rinna, SE yang mewakili Kapolres Kutim, dan Kasubdit Binpolmas Dit Binmas Polda Kaltim AKBP Sugianto, Ketua KBPP Polri yang juga Putra-putri Polri
Galih. Juga di ikuti oleh Para Kepala Desa, Perangkat Desa, dan tokoh agama, serta masyarakat setempat.

AKBP Sugianto menyampaikan dalam sambutannya bahwa masyarakat harus lebih meningkatkan kesadaran hukum khususnya di lingkungan terdekat, dengan dibentuknya Pokdar Kamtibmas tingkat RT di harapkan akan menjadi cikal bakal terbentuknya Forum Komunikasi Perpolisian Masyarakat (FKPM) dan kedepan permasalahan masyarakat bisa di selesaikan di FKPM sebelum di laporkan ke pihak Kepolisian.

“Persoalan Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama, itulah mengapa kita perlu untuk membentuk Pokdar Kamtibmas,” kata AKBP Sugianto.

Senada, AKP Rinna, menerangkan bahwa pihak Polres Kutim melalui BINMAS akan selalu memberikan sosialisasi berupa pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat, ditambahkan AKP Rinna bersama dengan masyarakat Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kutim serta KBPP POLRI Resor Kutim akan berupaya dalam menciptakan Pemolisian Masyarakat (Polmas).

“Pokdar Kamtibmas tingkat RT juga demikian halnya, dapat membantu menyelesaikan permasalahannya.
Inilah sinergi sesungguhnya,” terang Kasat Binmas.

Sekretaris Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Kutim Eko Sugiarto, SH.,MH menegaskan kegiatan ini sangat perlu dan baik adanya, sinergitas antar lini dan komponen serta stakeholder yang ada dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif di masing-masing wilayah akan sangat berguna dan bermanfaat bagi proses pembangunan wilayah serta daerah secara khusus.

“Bangsa, dan negara pada umumnya. Kemajemukan dan pluralisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa juga bernegara di Indonesia harus tetap selalu berpedoman pada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Bingkai NKRI sebagai marwahnya,” tegasnya.

Pun demikian, menurut Galih KBPP Polri akan terus bersinergi dengan seluruh stakeholder. Bahkan kata Galih Pokdar Kamtibmas adalah mitra kerja terdekat bersama KBPP Polri disamping organisasi lainnya.

Untuk diketahui, Pokdar Kamtibmas adalah Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Sebuah Organisasi Masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!