AdvetorialKutimTerkiniWisata dan Kuliner

Kekayaan Bawah Laut Desa Sekerat Yang Belum Terekspos

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM-
Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kaltim ternyata menyimpan kekayaan bawah laut yang luar biasa indahnya. Pemandangan biota lautnya akan membuat siapa saja yang pernah menyelaminya akan berdecak kagum.

Memang tak banyak kalangan masyarakat yang mengetahui tentang potensi bawah lautnya karena selama ini masyarakat khusunya Kutim hanya tahu bahwa Sekerat hanya memiliki pantai, namun tahukah anda didalam lautan itu ada surga indah bagi koral dan ikan-ikan kecil disana.

Banyak hal yang bisa dijumpai di sana. Lautnya jernih, terumbu karang berwarna-warni, dan kekayaan biota laut yang khas. Banyak jenis ikan seperti ikan badut, ikan dori, angel fish, baronang, dan lainnya didalam sana.

Kepala Seksi Objek Wisata Kutim Akhmad Rifanie, menyampaikan bagi wisatawan yang enggan melakukan diving atau menyelam bisa mencoba alternatif lain seperti snorkeling atau sekedar duduk santai ditepi Pantai Sekerat untuk menikmati terbitnya matahari di ufuk timur dan terbenamnya matahari senja di ufuk barat.

“Pantai ini ombaknya relative kecil jadi aman untuk tempat bermain dan rekreasi keluarga, serta pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti, memancing, berperahu, berenang, diving, snorkeling dan lainnya, cukup dikedalaman 2.5 meter pengunjung sudah bisa melihat taman bawah laut,” ucapnya.

Jika ingin bermain dengan cantiknya ikan-ikan kecil berwarna-warni pengunjung harus membawa roti atau nasi yang dihaluskan, dimasukan kedalam wadah semacam botol diberi lubang kecil kemudian di kocokan hingga menyembur dari tutupnya. Maka ikan kecil itu seakan mengajak pengunjung bermain didalam taman Laut Desa Sekerat.

Lokasi pun terbilang tidak jauh, jika dari Kota Sangatta pengunjung dapat menempuh jalur darat sekitar 3-4 jam untuk menuju Desa Sekerat.

“Ada gapura dipinggir jalan itu masuk Blok Beruang lanjut jalan tanah bebatuan melintasi jalur tambang dan pengunjung akan tiba di desanya,” tandas Rifanie.

Ia pun berharap Pantai Sekerat yang panjang, cantik, memesona dan memiliki potensi beragam. Tidak hanya kaya akan pantainya, namun budaya masyarakat juga.
Semoga dengan hadirnya perusahaan di sekitar bisa memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat sekitar, terutama sisi pariwisatanya.
(ADV/JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button