KaltimKutai TimurKutimPendidikanTerkini

PT Pamapersada Gelar Character Building di SMAN 1 Bengalon

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID- PT Pamapersada Nusantara Distrik KPC Kutai Timur menggelar Sosialisasi Character Building di SMA Negeri 1 Bengalon dengan tujuan untuk menyiapkan siswa-siswi menghadapi tantangan di masa depan serta membangun karakter muda dalam memahami pelajaran.

Pada dasarnya karakter siswa mencakup berbagai aspek, seperti nilai-nilai moral, sikap, kepribadian, dan perilaku siswa (terutama dalam menjalani proses belajar). Aspek inilah yang bermanfaat untuk membuat siswa bisa selalu fokus memperhatikan pemaparan guru tentang materi pelajaran sehingga siswa bisa menjadi lebih mudah memahami materi pelajaran.  

CSR PT Pamapersada Nusantara I. Pardede menyampaikan hal pertama yang perlu dilakukan untuk membangun karakter siswa adalah dengan mengajarkan pada siswa tentang nilai-nilai moral, seperti kejujuran, kebaikan, kerjasama, dan rasa hormat terhadap orang lain. Jangan lupa juga untuk menyampaikan kepada siswa bahwa nilai-nilai moral ini bisa dan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya di sekolah saja. 

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung pengembangan pendidikan di wilayah ini. Kami percaya bahwa dengan membekali siswa dengan karakter yang kuat dan keterampilan yang tepat, mereka akan lebih siap menghadapi tantangan masa depan. Melihat semangat dan respons positif dari para siswa, kami yakin program ini dapat memberikan dampak yang signifikan.” ujarnya.

Selain itu dengan mengajarkan Character Building dapat memiliki karakter yang kuat, baik, dan bisa bermanfaat untuk memudahkan siswa agar bisa berbaur dan diterima oleh masyarakat luas.

“Beberapa cara untuk membangun karakter dapat dilakukan dengan memberi tahu siswa tentang nilai-nilai moral, berikan contoh yang baik, tunjukan rasa empati, biasakan mereka untuk membantu orang lain, biasakan mereka untuk memberikan pendapat, buat aturan bersama siswa, berbagi cerita. Tujuannya agar anak-anak memiliki karakter jiwa yang kuat dan percaya diri,” tegasnya.

Program ini juga dirancang untuk menanamkan nilai-nilai seperti disiplin, tanggung jawab, dan integritas, yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan kerja. Dengan adanya program ini, siswa diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan diri, yang merupakan fondasi utama dalam meraih kesuksesan.

Kegiatan ini juga difokuskan untuk memperkuat kemampuan kerja sama dan keterampilan sosial para siswa. Melalui berbagai aktivitas yang dirancang khusus, siswa belajar untuk bekerja sama dalam tim, mengembangkan kemampuan komunikasi, serta belajar untuk memimpin dan dipimpin. Hal ini tidak hanya membantu mereka dalam konteks akademis tetapi juga mempersiapkan mereka untuk tantangan di dunia profesional, menjadikan mereka individu yang lebih siap dan kompetitif di masa depan.(pama)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!