AdvetorialKutimTerkiniWisata dan Kuliner

Situs Cagar Budaya Goa Gunung Kongbeng Miliki Ornamen Yang Indah

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM-
Siapa yang tidak mengenal Kecamatan Kongbeng, kecamatan yang kaya akan cagar budayanya ini dihuni secara mayoritas oleh Suku Dayak . Salah satunya situs cagar budaya Goa Kongbeng goa yang berada di hulu Sungai Telen ini juga biasa disebut dengan nama Sungai Pantun.

Sungai Pantun merupakan anak Sungai Kedang Kepala dan bermuara di Sungai Mahakam diwilayah Muara Kaman.

“Sejumlah arca-arca batu berada didalam Goa Kongbeng yang menggambarkan peradaban Hindu pada zaman dahulu,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kutim Jamri.

Gunung Kongbeng memiliki tinggi 150 meter dan mempunyai goa-goa yang indah karena terdapat ornamen stalaktit dan stalakmit didalamnya. Beberapa goa menjadi situs bersejarah yang cukup penting sebagai bukti jejak peninggalan kerajaan Kutai Martadipura, kerajaan Hindu tertua di Nusantara.

“Peninggalan sejarah itu diperkirakan berasal dari masa Kerajaan Mulawarman pada abad ke-4 Masehi untuk itu goa ini menjadi tujuan favorit masyarakat menikmati akhir pekan,” tuturnya.

Goa Gunung Kongbeng mempunyai empat goa lainnya Goa Patung, Goa Angin, Goa Pangeran, dan Goa Tengkorak keempatnya itu pun tak kalah menariknya.

“Tak hanya menarik bagi wisatawan lokal saja, faktanya ada wisatawan dari luar yakni Kanada yang sudah datang kesana untuk menyaksikan batangan batu kapur yang menempel dilangit gua,” tandas Jamri.

Memiliki potensi yang luar biasa Jamri berharap Goa Gunung Kongbeng dapat terjaga keasrian dan keasliannya dari tangan-tangan nakal yang tega mencoret dinding goa dengan pilox, cat, dan lainnya.(ADV/JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button