NasionalPemerintahan

Delapan Desa Di Kutim Terima Hibah PJU-TS Dari Kementerian ESDM

    1. JEJAK KHATULISTIWA.CO.ID – Sebanyak delapan desa di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menerima hibah 300 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS). Program dimaksud berasal dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Kegiatan tahun 2018.

      Desa yang menerima hibah yakni Sempayau di Kecamatan Sangkulirang berjumlah 62 unit. Di Kecamatan Kaubun masing-masing Bumi Etam 60 unit dan Pengadan Baru 58 unit. Kemudian di Kecamatan Rantau Pulung, Desa Pulung Sari 20 unit, Tepian Makmur 10 unit, Rantau Makmur 30 unit. Terakhir, Desa Karangan Seberang 20 unit dan Baay 40 unit di Kecamatan Karangan.

      PJU-TS adalah salah satu program prioritas nasional Kementerian ESDM. Sebagai upaya pemenuhan dan pemerataan akses energi di seluruh wilayah Indonesia.

      Irjen kementerian ESDM Prof Akhmad Syakhroza mengatakan seluruh barang yang telah diberikan tersebut, diharapkan bisa bermanfaat dan berkesinambungan secara terus menerus.

      “Kita minta kepada pemerintah daerah bertanggung jawab dan punya komitmen, agar program yang kita berikan ke pemerintah daerah itu bisa dirasakan terus oleh masyarakat,” pintanya.

      Hibah tersebut diterima simbolis oleh Pjs Bupati Kutim Moh Jauhar Efendi, dalam acara penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang (BAST) dan Naskah Hibah Barang Milik Negara (BMN), di Rama Shinta Garden, Candi Prambanan Yogjakarta, Jumat (9/10/2020).

      Acara serah terima dibuka oleh Irjen Kementerian ESDM Prof Akhmad Syakhroza, disaksikan para Bupati/Walikota serta perwakilan dari daerah yang menerima. Dari Kutim selain Pjs Bupati Kutim Mohahamdad Jauhar Efendi turut pula hadir Kabag Umum Setkab Kutim Teddy Febrian dan Plt Kabag SDA Setkab Kutim Syahidin.

      Pjs Bupati Kutim Moh Jauhar Efendi usai menerima program hibah menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemerintah Pusat terhadap pembangunan Kabupaten Kutim. Ia berharap program ini terus berlanjut, karena wilayah Kutim yang luas pasti membutuhkan banyak penerangan.

      “Atas nama pemerintah dan masyarakat Kutai Timur, kami berterima kasih kepada Kementerian ESDM. Kami masih sangat membutuhkan bantuan PJU-TS,” ujarnya.(fitri)

  • admin2

    Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

    Related Articles

    Back to top button