KutimTerkiniTNI

Lanal Sangatta Tanam Mangrove Cegah Abrasi di Muara Bengalon

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Kegiatan penghijauan lingkungan saat ini tengah gencar di lakukan sebagai upaya pelestarian lingkungan agar tetap asri dan pencegahan abrasi. Dalam rangka menyongsong Hari Armada tahun 2021 Lanal Sangatta menggelar aksi tanam mangrove di pesisir Pantai Muara Bengalon Kecamatan Bengalon Kutim. Senin (22/11/2021).

Sebelumnya Lanal Sangatta pun melakukan aksi tanam 1000 bibit mangrove, demikian pula dengan penanaman di Pantai Muara Bengalon kembali 1000 bibit mangrove tertanam di wilayah pesisir Kutim. Kegiatan penghijauan melibatkan Polairud, masyarakat umum, dan pelajar serta Pramuka Saka Bahari untuk berama-sama menanam pohon mangrove tersebut.

“Disamping penanaman di Muara Bengalon kami juga melaksanakan penanaman di seluruh Posal-Posal di wilayah kerja Lanal Sangatta diantaranya Posal Sangkulirang, Manubar, Tanjung Mangkalihat, Muara Sangatta, dan kemarin kami melaksanakan penanaman di Posal Bontang dengan alokasi 1000 bibit pohon mangrove di tiap Posalnya ini dilakukan serentak di wilayah jajaran Komando Armada II bertujuan mencegah terjadinya abrasi karena pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak”.
jelas Komandan Lanal Sangatta melalui Palaksa Mayor Laut (P) Herwanto, S.T.,M.M.,M.Tr.Opsla.

Keberadaan hutan mangrove sangat penting bagi wilayah pesisir. Karena mampu menahan ombak, dan mangrove juga mampu sebagai filter. Tempat hidup berbagai jenis ikan sehingga meningkatkan ekonomi nelayan disekitar pesisir. Kegiatan ini juga sebagai edukasi bagi pelajar agar terbiasa dengan melakukan kegiatan sosial sehingga dikemudian hari nantinya tidak akan canggung berhadapan dengan alam khususnya kebaharian.

Kepala Desa Muara Bengalon, Uskar didampingi Ketua Karang Taruna, Rusdi menyampaikan rasa terimakasih nya kepada TNI AL khususnya Lanal Sangatta atas kepeduliannya terhadap alam diwilayah desanya dengan melaksanakan kegiatan tanam mangrove.

“Semoga masyarakat bisa menjaga dan tumbuh subur untuk menahan abrasi juga sebagai wadah berkembang biaknya biota laut, tak lupa kami juga mewakili seluruh masyarakat Desa Muara Bengalon mengucapkan Selamat Hari Armada Tahun 2021 semoga Armada TNI AL semakin Jaya”, tutupnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!