AdvetorialKaltimKutai TimurKutimLingkunganPendidikanTerkini

LPB Pama Banua Etam Demplot Budidaya Padi Sawah di Sepaso Barat

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID- PT Pamapersada Nusantara site KPC Coal Mining Project dan Yayasan Dharma Bhakti Astra melalui LPB Pama Banua Etam (Pabanet) melakukan Demplot Budidaya Padi Sawah untuk memberi contoh kepada petani di Desa Sepaso Barat, Kecamatan Bengalon, Jumat, (12/1/2024).

CSR PT Pamapersada Nusantara site KPC Coal Mining Project, Ishak Pardede menjelaskan tujuan dari salah satu program pembinaan ini yaitu agar para UMKM khususnya para petani binaan dapat mengembangkan usahanya sehingga menjadi petani yang mandiri. Selain itu PT Pamapersada juga meminta apabila jika suatu saat nanti area pertambangan sudah berpindah, maka UMKM yang berada di sekitar daerah pertambangan tetap dapat menjalankan dan mengembangkan usaha mereka.

“Tujuan lainnya untuk mengetahui apa saja perkembangan Demplot Padi Sawah yang sudah berjalan sekaligus bisa diskusi langsung antara pelaku petani padi,” jelasnya.

Melalui LPB PAMA Banua Etam (Pabanet) nantinya program berkelanjutan ini akan membantu para petani menentukan Roadmap dan metode Quality, Cost, Delivery (QCD) yang tepat di terapkan sehingga kebutuhan pasar lokal maupun luar daerah dapat bersaing dan terpenuhi.

Koordinator LPB Pabanet, Hendra menuturkan budidaya padi sawah yang digunakan saat ini yaitu gabungan antara SRI dan Jajar Legowo 4:1.

“Untuk per hari ini, tanaman Padi Sawah varietas Mekongga ini sudah masuk ke 5 Hari Setelah Tanam (HST),” tuturnya.

Hendra berharap agar Demplot Padi Sawah ini berhasil dan dapat menjadi contoh untuk petani-petani yang lainnya serta dapat meniru metode budidaya yang dilakukan saat ini.

Untuk diketahui, Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Dengan tujuan akhir mengukur metode tanam apa yang mampu memberikan peningkatan produktivitas serta melihat kualitas, biaya tanam, dan keuntungan penjualan. (Pama)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!