PemerintahanTerkini

Pemerintah Desa Kotaguring Sosialisasi Bentuk Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa Yang Berbasis (SDGs)

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID RAJABASA – Sesuai dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) agar kepala Desa membentuk relawan pemutakhiran data Desa yang berbasis SDGs Desa, Pemerintah Desa Kotaguring Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan melakukan Sosialisasi dan sekaligus pembentukan kelompok kerja relawan pendataan Desa di Aula Kantor Desa setempat. Rabu (17/03/2021)

Sosialisasi pelaksanaan pendataan dan validasi atau pemutakhiran Sustainable Development Goals (SDGs) Desa dihadiri oleh Kecamatan Rajabasa yang diwakili Kasi Pemerintahan Sugeng, Pj Kepala Desa Aria Doni, Sekdes Rony, Pendamping Desa Purwantina, karang taruna dan seluruh aparatur desa.

Hal ini dikatakan oleh Kecamatan Rajabasa yang diwakili oleh Sugeng Kasi Pemerintahan, kebutuhan SDM relawan pendataan harus disesuaikan dengan populasi penduduk ditingkat RT.

“Jumlah relawan relatif, kerena basisnya adalah desa maka jumlah personil Pokja masing masing desa berbeda beda,” ungkapnya

Pokja yang dibentuk di setiap Desa dengan melalui surat keputusan (SK) Kepala Desa dengan struktur organisasi yang dibina atau diketuai oleh Kepala Desa dan untuk anggota diambil dari unsur perangkat desa, lembaga desa dan unsur masyarakat.

Lebih jauh dia menjelaskan pembentukan Pokja relawan pendataan SDGs Desa memakai sistem musyawarah dengan mengedepankan semangat kerelawanan, gotong royong dan partisipatif.

Saat ini, masih dikatakan Sugeng, pembentukan Pokja relawan pendataan masih tahap sosialisasi dengan tetap memperhatikan schedule dari Kemendes, PDTT, karena dateline pendataan SDGs Desa diperkirakan sampai akhir Mei 2021 atau sekitar dua bulan.

“Sedangkan biaya operasional Pokja relawan pendataan, menurutnya dapat dilakukan oleh desa masing-masing khususnya menggunakan Dana Desa (DD). Insyaallah bisa dilakukan oleh Desa,” tandasnya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Kotaguring Aria Doni mengatakan, untuk jumlah SDM yang digunakan dalam Pokja diperkirakan lumayan banyak karena melibatkan Pemerintahan Desa dan Lembaga Desa, untuk itu dengan adanya Pokja Desa Kotaguring dapat akan lebih maju dan berjaya.

“Dengan adanya program SDGs Desa ini tujuan untuk membangun atau melaksanakan kedepannya akan lebih berkelanjutan, karena seluruh aspek pembangunan atau yang lainnya bisa dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Kotaguring ini,” tutup Aria Doni. (Iwan).

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button