Kutai TimurPemerintahanTerkini

50 WP Terima Reward dari Bapenda Kutim

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, Kutai Timur – Sebagai wujud apresiasi dan terima kasih Pemkab Kutim kepada wajib pajak (WP) yang telah patuh melaksanakan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku atas kontribusi yang besar kepada pendapatan asli daerah (PAD). Pemkab Kutim melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kutim memberikan reward (penghargaan) kepada 50 WP se Kutim.

Kepala Bapenda Kutim Syahfur menjelaskan 50 WP yang menerima penghargaan diantaranya berasal dari 11 jenis pajak daerah, diantaranya pajak restoran, pajak parkir, pajak hotel, pajak hiburan, pajak penerangan jalan,
pajak sarang burung walet, pajak reklame, dan lainnya.

“Mereka yang menerima penghargaan terdiri dari perorangan atau perusahaan yang taat, baik dari pelaporannya maupun pembayarannya,” jelasnya.

Seperti dibeberkannya, penerima penghargaan WP dinilai berdasarkan dua parameter yakni kepatuhan terbaik dan penyetoran pajak terbaik. Untuk kepatuhan terbaik diukur dari penyetoran surat pemberitahuan pajak daerah (SPTPD) terutang tepat waktu sebelum jatuh tempo dan ketepatan waktu menyetor pajak yakni sebelum jatuh tempo penyetoran.

Hasil laporan pajak dalam SPTPD sesuai dengan yang seharusnya dilaporkan, tidak memiliki utang pajak, tidak memiliki denda administrasi, jumlah setoran dan kooperatif terkait pemasangan alat online sistem. Sementara penyetoran pajak terbaik diukur berdasarkan jumlah utang pajak, tingkat kepatuhan dan jumlah penyetoran.

Dikatakannya, dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Bapenda Kutim telah menyiapkan jalur pembayaran pajak yang bekerjasama dengan Bank Kaltim Kaltara (Kaltimtara) Cabang Kutim, dimana Bank Kaltimtara ini sudah tersebar di 18 kecamatan se- Kutim. Bahkan, demi mempermudah wajib pajak baik perorangan maupun perusahaan tersebut bisa melalui SMS Banking Kaltim Kaltara, ATM Bank Kaltim Kaltara, Internet Banking Bank Kaltim Kaltara, dan Mobile Bank Kaltim Kaltara.

“Metode pembayaran juga bisa dilakukan lewat Indomaret, E-commerce melalui aplikasi Dana, QRIS, Shoppe, Toko Pedia, dan beberapa lainnya,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengakui bahwa penghargaan ini diberikan kepada wajib pajak terbaik dalam upaya meningkatkan dan mempererat hubungan kemitraan antara pemerintah daerah dengan para wajib pajak dalam upaya menumbuhkembangkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan sekaligus memotivasi para wajib pajak agar lebih meningkatkan partisipasi dan prestasinya dalam mendukung peningkatan PAD Kutim.

“Bahkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan pajak daerah, Bapenda Kutim telah melakukan upaya-upaya pembenahan dan penyempurnaan sistem pelaporan dan penyetoran pajak secara online. Ini demi transparansi antara kedua pihak dan memudahkan semuanya,” tandasnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!