AdvetorialBisnis todayKutimTerkiniWisata dan Kuliner

Babak Baru Persiapan Kampung Warna Sangatta Lama

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM-
Rencana Kampung Warna untuk warga bantaran sungai Sangatta Lama sudah memasuki tahap pendataan jumlah rumah. Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) secara estafet mulai mendata satu persatu rumah warga.

Kasi Promosi Budaya dan Pariwisata Dispar Kutim, Yunitha Ronting menuturkan dirinya sudah mendiskusikan kelanjutan Kampung Warna bersama anggota DPRD Kutim yang membidangi pariwisata, Syahid Anjas.

“Kita memberikan edukasi dahulu, kerjasama dengan pemerintah setempat dari tingkat RT hingga Camat. Rumah-rumah ini nanti akan dicat bagian luarnya saja,” tuturnya.

Berbicara soal program tentunya dibutuhkan penunjang lainnya karena jika hanya soal program tanpa persiapan lainnya maka rencana itu tidak akan berjalan.

Dispar berharap dengan terwujudnya Kampung Warna dapat memberikan label lain sebab selama ini banyak yang menganggap bantaran sungai identik dengan kekumuhan. Dispar pun menginginkan seluruh rumah bantaran sungai akan didata untuk kampung warna namun kebijakan itu kembali lagi pada pemerintah yang mempunyai keputusan.

Selain itu, Dispar Kutim dan pemerintah tengah menggodok persiapan program wisata terapung. Memberdayakan ponton-ponton sebagai wisata apung ataupun restoran apung.

“Ponton juga sudah mulai kita data namun jumlah pastinya belum tahu sebab tergantung dari kesediaan pemilik ponton karena ini kan baru berbicara soal program yang harus disertai dengan perencanaan dan biaya yang matang setelahnya baru kita lihat perkembangannya,” papar Yuni wanita berparas cantik.(adv/jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button