ParlementerTerkini

Berawal Dari Hobi Konsumsi Telur, Ketua Komisi B DPRD Kutim Mulai Ternak Ayam Petelur

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID KUTIM- Berawal dari hobi anak-anaknya mengonsumsi telur Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kutim, Faizal Rachman mulai menekuni bisnis ternak ayam petelur.

“Awalnya ya iseng-iseng berhadiah saja, anak saya kebetulan suka sekali konsumsi telur jadi saya coba-coba ternak ayam petelur,” imbuhnya saat ditemui dikediamannya Jalan Kabo Jaya, Sangatta Utara.

Anggota fraksi PDIP ini tak hanya sukses di bidang politik. Memanfaatkan halaman rumahnya yang luas dirinya mulai membuka peternakan ayam petelur meskipun masih terbilang baru namun usaha yang baru dirintisnya ini tentu akan memberikan hasil yang menguntungkan.

Kesuksesan yang dia peroleh saat ini tentu berkat kerja keras dan kecerdasan yang ia miliki. Kepandaiannya dalam melihat peluang menjadikannya pengusaha yang sukses. Berbekal keuletan, keberanian, dan relasinya membuatnya mudah dalam memasarkan hasil peternakannya.

“Ini masih uji coba semoga saja berhasil, saat ini ada 500 ekor ayam yang kita pesan dari Banjarmasin kalau itu berhasil 85 persen saja ya hasilnya lumayan, dan sebagai informasi biasanya ayam identik dengan lalat namun disini tidak sebab saya gunakan obat anti lalat jadi aman,” ujarnya.

Sementara untuk ayam yang sudah kurang produktif atau maksimal umur dua tahun. Maka ayam petelur bisa dijadikan ayam potong meskipun harga jualnya cukup rendah.

Saat ini untuk pemasaran telur masih terbatas hanya di sekitar lingkungan tempat tinggalnya dan relasinya. Harga telur pun terjangkau untuk telur ukuran besar hanya dibanderol Rp.47 ribu per piringnya. Dirinya pun berencana akan mengembangkan usaha ayam petelur di Kecamatan Kaubun.

“Alhamdulillah ada lahan disana, saya mau coba kembangkan di Kaubun dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Meskipun mempunyai usaha yang banyak tetapi dirinya pun memiliki keluhan yang sama layaknya peternak ayam lainnya. Tingginya harga pakan ayam saat ini masih menjadi momok yang memberatkan bagi peternak.(Jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button