KutimTerkini

Buah Wanyi, Daging Buah Putih Beraroma Wangi

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Buah Wanyi atau Kemang, Buah sejenis mangga yang juga dikenal dengan nama Palong ini memiliki nama latin Mangifera Caesia dengan ciri mempunyai aroma buah yang wangi, memiliki rasa manis sedikit masam, dan mengandung banyak air.
buah bertekstur lembut berwarna putih susu, berkulit hijau ke cokelatan.

Namun tahukah kalian Buah Wanyi adalah buah asli asal Kalimantan. Pohon Wanyi memiliki kulit pohon kasar dengan tinggi sekira 12 meter, berwarna coklat, daunnya lancip, bentuk buah lonjong.

Kalau menurut penduduk asli Kecamatan Bengalon sebutan Buah Wanyi untuk yang buah yang berasa manis, sedangkan Buah Palong untuk rasa buah yang asam. Tak hanya buahnya ternyata pucuk muda daun Wanyi dapat dikonsumsi, bagi Suku Kutai pucuk Wanyi dapat dimakan untuk lalapan dicocol sambal terasi.

Tanaman Wanyi banyak tumbuh dan tersebar hampir di seluruh wilayah Kaltim dan Kaltara. Buah ini memiliki rasa yang asam cenderung manis. Pohon Wanyi saat ini agak sulit ditemui, tetapi untuk wilayah Kecamatan Bengalon pohon buah ini masih cukup mudah ditemui.

Buah Wanyi termasuk dalam golongan buah langka, buah ini dapat ditemui 2 hingga 4 tahun sekali. Ada yang perlu diwaspadai, yaitu getah pohon buah tersebut, karena jika terkena getahnya maka akan mengalami gatal-gatal bahkan bisa berakhir iritasi berat.

Meskipun hanya mirip dengan Buah Mangga, namun Buah Wanyi memiliki khasiat yang tidak jauh beda dengan mangga, hanya varietasnya saja yang berbeda, demikian yang dijelaskan ahli botani. Dapat mengoptimalkan kecantikan karena memiliki kandungan vitamin C yang dapat bertindak sebagai senyawa pembentuk manfaat kolagen yang merupakan konstituen protein penting dari jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan pendukung lainnya.

Manfaat lainnya dapat membantu pembentukan tulang karena Buah Wanyi mengandung fosfor sangat terkait dengan manfaat kalsium, menyehatkan pencernaan, sumber antioksidan dimana senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dari polusi, mengoptimalkan sistem ekresi karena kandungan fosfor dalam Buah Wanyi dapat berfungsi untuk menjaga ginjal agar tetap dalam kondisi normal.

Selain itu, untuk memperkuat stamina tubuh, mendukung program diet, baik untuk sel-sel otak, melawan resiko kanker mengandung tinggi vitamin A dan C. Buahnya yang  mentah (tanpa pengolahan pemasakan seperti panas dan sejenisnya) merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan C. Manfaat buah wani berkhasiat sebagai antioksidan yang tinggi, manfaatnya ialah dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh sehingga dengan demikian dapat mengurangi risiko kanker tertentu.

Kemudian, untuk menjaga kesehatan otot dan ginjal, dan mengatasi anemia kandungan zat besi dalam Buah Wanyi dianggap efektif dalam membantu anemia dan mengganti zat besi yang hilang melalui menstruasi dan kehamilan. Zat besi atau Seng merupakan logam. Namun karena jumlah nya yang sangat kecil tetap diperlukan untuk kesehatan manusia. (Jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!