AdvetorialBudayaKutai TimurTerkini

Buka Seleksi Duta Budaya, Kasmidi : Peserta Yang Tak Lolos Bisa di Jadikan Guide

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR- Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang resmi membuka acara seleksi tahap awal Duta Budaya 2022 yang diikuti 71 peserta dari tingkat pelajar hingga mahasiswa se Kutai Timur. Dalam kesempatan itu Kasmidi meminta agar seluruh peserta Duta Budaya nantinya dapat dijadikan guide atau pramuwisata. Kamis (23/6/2022).

“Coba nanti buatkan grup untuk seluruh peserta ini, kita didik mereka, jadikan guide penyambung lidah ketika ada tamu yang datang untuk memperkenalkan budaya kita di Kutim,” ujarnya.

Duta Budaya, kata Kasmidi adalah sosok yang diharapkan dapat menjadi bagian terdepan dalam memahami, memperkenalkan hingga menjadi bagian dari kehidupan seni budaya dan pariwisata di suatu wilayah.

“Apalagi seperti kita ketahui bersama Kutim ini heterogen memiliki banyak suku dan budaya, dan itu yang wajib kita perkenalkan,” katanya.

Kasmidi juga meminta agar Dinas Kebudayaan Kutai Timur untuk terus membuat event demikian di setiap tahunnya. Agar menjaring muda mudi berbudaya.

“Kita buat embrionya dulu, tiap kecamatan harus di inventarisasi apa saja budayanya yang sudah ratusan tahun sehingga bisa menjadi pesona untuk orang luar datang kesini,” pungkasnya.

Wabup Kutim Kasmidi Bulang mengungkapkan, bahwasanya seni budaya tradisional diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Namun demikian, dewasa ini seni budaya tersebut sudah mulai memudar. “Dari sinilah upaya kita melestarikan budaya, lalu kenapa pesertanya muda-mudi karena yang mudalah yang akan meneruskan budaya kita,” tandasnya. (ADV/JK/KOMINFO)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!