KaltimKutai TimurKutimLingkunganSangattaTNI

Dandim 0909/KTM Berikan Sambutan di Masjid As Salam

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID – Dandim 0909/Kutai Timur, Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo meminta agar warga memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Adha 1445 H, yang jatuh pada hari ini Senin 17 Juni 2024 di masjid Assalam Jalan Sulawesi RT 25 Desa Sangatta Utara, untuk memperbaiki hubungan baik secara vertikal dengan Sang Pencipta maupun secara horisontal dengan sesama.

Melalui moment ini juga, Dandim 0909/Kutai Timur Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo berharap peningkatan iman dan taqwa dalam memaknai peringatan hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban agar dapat terus dipelihara dan ditingkatkan, sehingga kemampuan untuk menjaga diri dari segala yang membawa kerusakan dan bencana dengan sendirinya juga akan meningkat.

“Idul Adha adalah momen penting dalam kalender Islam yang penuh dengan makna spiritual dan sosial. Idul Adha memberikan makna perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih sebagaimana kisah Nabi Ibrahim as Khalilullah Khalilurrahman dengan putranya Ismail, yang juga Allah SWT muliakan menjadi seoarang Nabi dengan peristiwa perintah penyembelihan kepada putranya, yang kemudian Allah SWT ganti dengan seekor domba sesaat sebelum pisau mengenai leher Ismail dari itulah, Rasulullah Muhammad SAW mensyariatkan sunnah penyembelihan hewan qurban, di bulan Dzulhijah bersamaan dengan pelaksanaan puncak ibadah haji di Makkah,” jelas Dandim 0909/Kutai Timur.

Lebih lanjut Dandim 0909/Kutai Timur menjelaskan bahwa dalam konteks modern, mari kita jadikan semangat pengorbanan ini sebagai inspirasi untuk meningkatkan solidaritas sosial, membantu mereka yang kurang beruntung, dan berkontribusi untuk kesejahteraan bersama.

Selain itu momen Idul Adha juga memberi kita kesempatan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi umat melalui pembelian hewan qurban dari peternak lokal dengan demikian, “kita turut serta dalam menggerakkan roda perekonomian dan memberdayakan masyarakat sekitar,” tutup Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo.(JK)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!