KutimTerkiniTNI

Ini Cara Lanal Sangatta Lestarikan Ketahan Pangan

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Pangkalan TNI AL Sangatta membudidayakan ketahanan pangan dengan cara mengembangkan sektor
budidaya porang. Ini adalah salah satu dari sekian upaya Prajurit Lanal Sangatta bangkit dari pandemi Covid-19. Selasa (16/11/2021).

Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T.,M.Tr. Hanla., M.M., CHRMP. Didampingi Ketua cabang 6 Korcab XIII DJA II Gema I Komang Nurhadi disela penanaman porang di area lapangan tembak Usman Harun Mako Lanal Sangatta beliau menyampaikan bahwa melakukan budidaya porang sebagai bagian dari menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan yang digelar merupakan langkah awal untuk memulihkan dan melindungi kelestarian ekosistem sebagai upaya pemulihan konservasi alam. Hadir dalam kegiatan penanaman porang yakni Palaksan Lanal Sangatta , Pengurus Jalasenastri Cabang 6 , Perwira staf dan seluruh Anggota Lanal Sangatta.

Dengan terselenggaranya kegiatan penanaman porang tersebut, Danlanal menyebutkan bila pada masanya nanti akan mampu untuk turut membantu menjaga lingkungan alam, serta mendukung perkembangan ekonomi masyarakat Sangatta.

“Melihat cara penanaman sekaligus kondisi tanah yang cocok untuk tanaman porang, maka saya berinisiatif menanam tanaman porang ini, disamping harga yang lumayan bagus juga perawatannya sangatlah mudah,” ujar Danlanal.

Upayanya menggerakkan budidaya porang ini mengundang perhatian dari Dinas Pertanian Kutim. Kepala Distan Kutim yang melalui kasi produksi dan perlindungan tanaman, Jubaedah didampingi oleh kasi Pengelolaan Lahan dan Air, Firman Firdaus, dan PPL Samsinar menjelaskan budidaya porang itu akan sangat penting dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat disangatta apabila masyarakat tahu peluang yang sangat bagus ini.

Jubaedah sangat mengapresiasi Lanal Sangatta sebagai inisiator penanaman porang di Mako Lanal Sangatta, dengan membuka lahan yang tadinya tertutup kini sudah terbuka dan bisa ditanami. Disamping itu disetiap rumah yang ada di komplek Dewa ruci digerakkan untuk menanam Porang di pekarangan rumah dengan media tanam polibek untuk pembibitan.

Untuk diketahui, porang atau dalam nama latinnya Amorphophallus muelleri merupakan tanaman herbal yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 1,5 meter. Porang memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh serta mudah diolah untuk dijadikan bahan pangan dan industri seperti bahan baku pembuatan tepung dan kosmetik.(JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!