KutimTerkiniTNI

Jelang Pilkades Serentak 2021, Koramil dan Polsek Muara Wahau Gelar Patroli

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID KUTIM-
Aparat keamanan dalam hal ini Koramil 0909-03/Muara Wahau bersama Polsek Muara wahau melakukan patroli antisipasi adanya gangguan yang terjadi saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kecamatan Muara Wahau, Kutim. yaitu Desa Wahau Baru dan Desa Wanasari yang akan digelar pada tanggal 18 Oktober 2021 secara serentak di Kabupaten Kutim.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk sinergitas antara TNI-POLRI dalam melaksanakan tugas, guna menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di lingkungan wilayah Kecamatan Muara Wahau terutama dua desa tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu, Pelda Rohmanto, Serda AES Ginting, Briptu Beni Andika, Briptu Prilian, dan tim pelaksanaan patroli. Sabtu (16/10/2021).

Terpisah, Komandan Kodim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto S.sos. M.Si mengatakan patroli diintensifkan kewilayah kecamatan yang akan menggelar Pilkades, tujuannya untuk mencegah hal-hal yang berpotensi memiliki kendala atau mengganggu kondusifitas cara. Kemudian bagaimana polanya, Dandim menjelaskan petugas patroli memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat juga calon kepala desa serta pendukung supaya tetap menjaga keamanan wilayah.

“Patroli gabungan ini dengan prioritas lebih mendekatkan hubungan antara aparat keamanan dengan masyarakat Kecamatan Muara Wahau sehingga terjalin komunikasi yang baik selama gelaran pilkades dari pra sampai pasca pemilihan bisa berjalan aman dan sesuai tahapan,” jelasnya.

Selain itu, Dandim 0909/KTM menuturkan petugas patroli juga mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif menjaga ketertiban dan keamanan, seperti melaksanakan sistem keamanan keliling (siskamling) misalnya.

Tak kalah pentingnya, menurut Letkol Czi Heru Aprianto petugas patroli atau petugas PAM Pilkades nantinya harus mengedukasi tentang pentingnya protokol kesehatan, sebab Pilkades kali ini berbeda dari tahun sebelumnya dimana pandemi belum hadir.

“Nanti siapapun yang bertugas di TPS agar selalu mengingatkan untuk menjaga jarak, gunakan masker, menyediakan wadah cuci tangan atau hand sanitizer. Dan apabila ada pemilih yang datang tidak membawa masker hendaknya kita sebagai petugas keamanan memberikan masker,” tuturnya. (JK)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!