ParlementerTerkini

Ketua Komisi B DPRD Kutim Berdayakan Petani Padi Lokal

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID KUTIM- Ketua Komisi B yang membidangi ekonomi dan perekonomian, Faizal Rachman memberdayakan para petani lokal di Kecamatan Kaubun, Kabupaten Kutim, Kaltim. Kepiawaiannya dalam mengembangkan perekonomian tentu sangat menolong bagi para petani lokal.

Pun dengan kestabilan harga tentu menjadi ujung tombak bagi kesejahteraan petani, dengan demikian untuk membantu roda perekonomian para petani lokal Faisal menampung hasil panen dengan membelinya sesuai harga atau biaya standar.

“Makanya saya coba tampung saja beli dengan harga standar agar petani tidak rugi. Kadang mereka jual ke tengkulak dibeli dengan harga sangat murah lantas bagaimana petani bisa sejahtera,” ucapnya.

Selain itu upaya ini dilakukan dalam rangka untuk memanfaatkan dan meningkatkan produksi lokal dan memberikan motivasi serta meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Kutim. Faizal pun menginginkan agar masyarakat Kutim lebih memilih untuk mengonsumsi beras lokal.

“Tujuannya agar mendorong semangat para petani lokal dalam memproduksi beras menuju swasembada mandiri. Jika petani lokal kita berdayakan maka kita tidak perlu lagi jauh-jauh mendatangkan beras, kwalitas padi lokal pun baik tak kalah dari luaran,” tandasnya.

Membantu para petani lokal untuk meningkatkan produksi beras melalui program optimasi sawah dan langkah lainnya untuk memasarkan beras hasil panen dari wilayah sendiri. Gabah yang kering ia tampung lalu digiling dan dibelikan kemasan 5 kilogram kemudian dipasarkan untuk wilayah Kota Sangatta khususnya.

“Kalau yang saya kemas ini hasil petani Kaubun karena sekarang gabah kering melimpah, saya coba pasarkan di Sangatta,” imbuhnya.

Faizal pun menegaskan agar masyarakat Kutim mengonsumsi beras lokal hasil petani Kaubun maupun sekitarnya agar petani sejahtera.

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button