TerkiniWisata dan Kuliner

Ketua DPC PUTRI Kukar Kunjungi Dasa Wisma Lavender Desa Batuah, Minuman Kembang Telang Jadi Sorotan

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Ketua DPC Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Kukar, Ahmad kunjungi Dasawisma Lavender Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kukar. Rabu (3/3/2021).

Dalam kunjungannya ke Desa Batuah didampingi Ketua DPD PUTRI Kaltim Dian Rosita, Kabid Kominfo Kukar Arian, pengelola Pesut Etam, Pemancingan Jukut Etam, Taman Borneo, Pemandian Serayu Lestari, dan hadiri mahasiswa UMKT Samarinda.

Didalam suasana kebersamaan, Ahmad atau yang karib disapa Daeng Lompo berbagi kisah tentang pengalamannya selama berkecimpung di dunia pariwisata. Pahit manis sudah dirasakan sehingga dirinya menjadi seperti sekarang.

“Memperjuangkan wisata, ekonomi kreatif itu sama seperti anda memperjuangkan kemerdekaan diri sendiri. Desa Batuah adalah desa yang kaya tidak perlu cerita soal proposal, kita buktikan kita bisa secara mandiri, bukan kita menolak uang tapi memang harus demikian konsepnya,” katanya.

Ditengah kehangatan kebersamaan itu, ibu-ibu Dasawisma menampilkan hasil karya asli dari Dasawisma Lavender Desa Batuah. Berupa kerupuk kangkung, kerupuk buah naga, abon ikan, minuman sehat jahe bubuk, temulawak bubuk kunyit bubuk, bedak dingin daun bidara.

Dan yang menjadi sorotan Ketua DPC PUTRI Kukar ialah teh bunga telang. Teh bunga telang ternyata memiliki berjuta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Daeng Lompo melihat peluang yang besar dari Dasawisma Asoka Desa Batuah.

“Ini sejarah baru, dari desa yang ada di Kukar, Desa Batuah ini sudah dua kali saya kunjungi. Kenapa !. Karena saya merasa disini ada potensi wisata yang besar dan potensi ekonomi kreatif. Seperti teh telang ini tidak semua orang tahu akan manfaatnya,” terangnya.

Bunga dengan warna biru ini, dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan. Selain itu, ekstrak tanaman ini juga kerap kali dipakai sebagai pewarna makanan alami.

“Kalau teh bunga telang ini diproduksi secara besar secara banyak tentu Desa Batuah khususnya Dasawisma Asoka akan menjadi sorotan sebagai pengolah teh kaya manfaat ini,” jelasnya.

Teh telang memiliki manfaat seperti meningkatkan daya ingat, mengatasi gangguan kecemasan, meringankan depresi, mengandung antioksidan, menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, menyehatkan jantung, mengatasi gejala diabetes, dan membantu mengatasi asma.(Jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button