AdvetorialKutimTerkiniWisata dan Kuliner

Ketua PUTRI Kaltim Sarankan Wisata Pedalaman Kutim Lebih Dikembangkan

Ketua Putri Kaltim Dian Rosita

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM-
Ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia  (PUTRI) Kalimantan Timur (Kaltim), Dian Rosita menyarankan agar wisata di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) lebih di fokuskan ke bagian pedalaman. Pasalnya potensi wisata yang ada di pinggiran Kabupaten Kutim lebih memiliki potensi dan keindahannya tersendiri.

“Kalau dalam kota kan sudah mempunyai sifat destinasinya sendiri, sementara kalau di pedalaman Kutim kan luar biasa indahnya, pesona alam Kutim tidak bisa diragukan karena memang sangat menakjubkan dan komplit,” ujar wanita berparas cantik ini.

Dian memberikan contoh, seperti Goa Karts Sangkulirang-
Mangkalihat tidak semua daerah memiliki goa yang eksotis seperti di Kutim. Lalu ada air terjun terbesar di Kaltim dan itu dimiliki Kutim Air Terjun Langga Duae.

“Kami ingin ada Kutim menjadi partner dari Pemerintah Daerah terutama di pariwisata bahwa kita pengusaha yang bisa memberikan impact positif bagi masyarakat Kutim dan berkolaborasi dengan Pokdarwis disini. Kita akan memberikan pendampingan kepada masyarakat untuk merubah mindset sehingga dapat menghasilkan cuan bagi daerah,” jelasnya.

Menyoal infrastruktur, sambung Dian kalau tempat wisata kian ramai maka secara otomatis pemerintah daerah akan memperhatikan, dan secara tidak langsung infrastruktur menuju kesana perlahan dibenahi.

“Contoh saja, kalau di tempat wisata A ramai didatangi maka pemerintah akan berpikir tidak akan dibiarkan begitu saja secara perlahan di perbaiki, apalagi disana akan menjadi sumber pemasukan asli daerah dan pastinya hasil dari tempat itu akan dimanfaatkan untuk tempat itu pula,” terangnya.

Menanggapi hal itu Kepala Seksi Objek Wisata Kutim Akhmad Rifanie pun mengakui saran yang diberikan Ketua DPD PUTRI Kaltim sangatlah baik, sejalan dengan keinginan pemerintah dan masyarakat setempat. Keinginan tempat wisata lebih maju dan berkembang harus diimbangi dengan SDM yang unggul dan harus didukung dari segala pihak.

“Infrastruktur pendukung memang sangat diperlukan untuk kawasan wisata, bukan hanya jalannya saja melainkan penginapan, listrik, air bersih, jaringan pasti sangat dibutuhkan wisatawan, dan aksebilitas menuju tempat wisata harus dibenahi jangan sampai kita menang gaung tapi kalah tarung sementara tempat kita tidak kalah dengan luar,” tegasnya.(ADV/JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button