LingkunganNasionalPemerintahanSosialTerkini

Kodim 0909/Sangatta Gelar Komsos, Undang Sejumlah Komunitas Peternak Di Kutim

JEJAK KHATULISTIWA – Kodim 0909/Sangatta mengundang beberapa perwakilan komunitas peternak yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) untuk mengikuti kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan komponen bangsa lainnya.

Bertempat di Makodim Sangatta, Kamis (5/11/2020).
Tema kegiatan tersebut adalah “Menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa dalam Bingkai NKRI”.

Komunitas Peternak yang diundang untuk membahas permasalahan pengembangan peternakan juga kendala yang dihadapi di Kutim.

Danramil 0909-01/Sangatta, Kapten Inf Arif Safardiyatno
mengatakan dengan komsos ini banyak masukan yang diperoleh dan bisa menjadi bahan kerja sama antar peternak, maupun peternak dengan instansi terkait.

“Ada masalah pemasaran hewan ternak. Sejauh ini, pedagang atau pengepul hewan ternak di Kutim banyak yang mengambil dari luar Kutim, seperti Sulawesi. Padahal, peternak lokal ada,” ujarnya.

Lebih lanjut, bagaimana kiat untuk memasarkan hewan ternak lokal, dan memperbesar peternakan di Kutim. Karena ini juga berkaitan dengan ketahanan pangan di Kutim.

Dari kegiatan ini ternyata banyak permasalahan yang dikemukakan para peternak baik dari peternak ayam petelur seperti mereka mengaku kesulitan dalam memperoleh bibit.

Mereka harus pesan di luar Kaltim dan itu menggunakan nomor antrean.
Tak bisa langsung datang, tapi harus menunggu berbulan-bulan.

Menjawab hal tersebut, para peternak sepakat mendirikan asosiasi yang menaungi usaha mereka, agar serangkaian permasalahan, baik soal pemasaran, pasokan bibit, pakan dan lainnya bisa dipecahkan bersama.

Kapten Arif menambahkan bahwa pembinaan komunitas ini sangat penting, mengingat perkembangan saat ini begitu cepat. Sehingga diperlukan tekad dan visi yang sama untuk terus menjaga keutuhan dan kemajuan Bangsa dalam bingkai NKRI.

“Ke depan silahturahim, khususnya di tengah pandemi harus tetap kita jaga,” kata Kapten Inf.Arif.

Kapten Arif pun mengajak seluruh komunitas untuk bahu-membahu membantu pemerintah menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda bangsa ini.

“Imbauan pemerintah harus ditaati bersama, yaitu protokol kesehatan haruslah terus dijalankan. Pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak. Hal ini wajib dilakukan untuk memutus rantai penyebaran covid-19,” terangnya.(JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button