KesehatanLingkunganPemerintahanSosialTerkini

Tim Satgas Covid-19 Kutim Gelar Razia Prokes, 39 Pelanggar Terjaring Di Jalan Karya Etam

JEJAK KHATULISTIWA – Tim Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus menggelar patroli penegekan pendisiplinan protokol kesehatan (Prokes). Mengingat jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 terus meningkat saat ini.

Sangat disayangkan. Meski telah dilakukan patroli rutin hingga imbauan dan pemberian sanksi moral kepada warga yang melanggar penerapan prokes. Namun masih ada saja pelanggar yang enggan menggunakan masker saat berada diluar rumah.

Bahkan alasannya pun bermacam-macam. Seperti dikatakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutim, Didi Herdiansyah. Pada razia kali ini terdapat 39 pelanggar yang terjaring.

“Saat ditanya kenapa tidak menggunakan masker saat diluar rumah alasan mereka beragam. Ada yang lupa makai masker, ketinggalan, merasa aman, mengganggu pernapasan, menghalangi pandangan, alergi, ribet menggunakan, bahkan ada yang mengaku tak bisa membeli masker,” ujar Didi saat dikonfirmasi, Jumat (6/11/2020).

Sementara bagi pelanggar yang terjaring hari ini diberikan masker oleh Tim Satgas Covid-19. Juga diimbau agar selalu menggunakan masker pada saat beraktifitas diluar rumah.

“Iya kita bagikan masker sekalian dicatat dan difoto
kalau mengulang mereka diimbau untuk membeli masker. Sedangkan untuk Perbup itu tak bisa memberi sanksi hanya sebatas imbauan dan pembelajaran agar disiplin prokes, kecuali Perda barulah bisa memberi sanksi,” ungkapnya.

Senada, Koramil 0909-01/ Sangatta dan pihak terkait tetap konsisten melaksanakan kegiatan imbauan dan patroli penegakan disiplin prokes. Menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker saat berkendaraan maupun berada di luar rumah juga.

Imbauan ini dilaksanakan untuk memastikan agar warga tetap menerapkan prokes sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kita melaksanakan imbauan ini di tempat berkerumun orang sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19, kegiatan seperti ini kita lakukan setiap hari,” ujar Danramil Sangatta Kapten Inf Arif Safardiyatno.

Ia pun berharap kepada seluruh elemen dan lapisan masyarakat selalu menerapkan prokes untuk memutus matarantai penyebaran Covid-19.

“Ini semua demi keselamatan bersama,” tutup Danramil Kapten Inf Arif Safardiyatno.(Fitri)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!