KaltimKutimLingkunganNasionalTerkiniTNI

Koramil Bengalon Temukan dan Serahkan Orang Utan Kepada BKSDA

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID – Senin (14/3/2022) sekira pukul 14.30 Wita Koramil 0909-06/Bengalon menemukan satu ekor orang utan dewasa, menurut kronologis orang utan itu muncul dari balik hutan tepat di belakang Makoramil Bengalon Jalan Simpang Perdau RT 07 Desa Sepaso Selatan Kecamatan Bengalon, Kutim. Orang utan pongo pygmaeus morio itu diketahui langsung menuju ke pohon pepaya di sebelah Makoramil.

“Dan dilihat ada seekor orang utan yang tampak seperti sedang mencari makan, untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan akhirnya saya berkoordinasi dengan Pak Witono dari BKSDA,” ujar Danramil Bengalon Kapten Inf Sajani L.

Selanjutnya sekira pukul 15.00 Wita tim yang terdiri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), LSM/CAN atau Conservation Action Network, LSM/COP Center for Orang Utan Protection tiba di Makoramil dan langsung mengamankan hewan yang dilindungi dunia itu.

“Sekitar pukul 16.45 Wita orang utan diamankan dengan ditembak bius dari tim BKSDA,” imbuhnya.

Pukul 17.45 Wita orang utan itu berhasil dievakuasi dari belakang Makoramil Bengalon. Lalu pukul 18.30 Wita setelah diadakan pengecekan ulang perihal kesehatan orang utan dan dinyatakan sehat orang utan pun dibawa ke hutan konservasi orang utan PT Kaltim Prima Coal (KPC) Pinang Dum Kecamatan Rantau Pulung, Kecamatan Bengalon, Kutim.

“Proses evakuasi berlangsung dramatis ya, karena menjaga kondisi orang utan agar tidak terluka sedikitpun,” pungkasnya.

Untuk diketahui, orang utan adalah spesies payung, jadi melindungi mamalia ini diharapkan dapat melindungi spesies lainnya yang hidup pada habitat yang sama. Sebagai spesies payung aktivitasĀ orang utanĀ akan memengaruhi ekosistem di sekitarnya. (JK)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!