Gaya HidupKesehatanTerkini

Kuliner Baru, Kelapa Bakar Muara Badak Kaya Khasiat

JEJAK KHATULISTIWA – Buah kelapa memang terkenal dengan berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun apa jadinya jika buah kelapa dibakar.

Buah kelapa segar yang dibakar memang belum cukup familiar dikalangan masyarakat. Penjualnya pun belum cukup banyak.

Namun tidak perlu khawatir kini Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara tepatnya di Badak 16 poros Kecamatan Muara Badak menyajikan kuliner baru yang unik, yakni kelapa bakar.

Persatuan Pemuda Muara Badak (PPMB) yang terdiri dari beberapa pemuda ini memiliki jenis bidang usaha masing-masing serta penanggung jawabnya. Salah satunya kelapa bakar.

Kelapa bakar memiliki khasiat lain seperti untuk penyakit diabetes, mengatasi masuk angin, batu ginjal, menambah stamina, mengobati asma dan bisa juga untuk pasangan yang sedang melakukan program kehamilan.

“Kelapa bakar ini sangat cocok jika dihidangkan saat masih panas. Selain bisa mendetoksifikasi (mengeluarkan racun dalam tubuh) badan, air kelapanya juga bisa membantu menghangatkan badan di malam hari,” ujar penjaga lapak Pras (25).

Kelapa saat ini masih dipasok dari rumahan saja, sementara jika sudah berkembang maka dirinya akan memasok kelapa dari para petani setempat.

“Kita baru dua hari membuka usaha kelapa bakar ini. Dihari pertama menghabiskan 20 buah kelapa sedangkan hari kedua 35 buah kelapa,” pungkasnya.

Proses pembakaran kelapa

Kelapa ini mengalami proses pembakaran sekitar 3-4 jam untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang pas. 

Saat kelapa bakar di buka ada aroma khas yang keluar dari batok kelapa. Rasanya memang khas seperti ada perpaduan manis dan sedikit pahit dari serabut kelapa yang melebur menjadi satu. 

Dari tekstur kelapanya sendiri menjadi lebih lembut. Bagi yang kurang suka rasanya, tenang saja bisa ditambahkan madu atau susu sebagai pelengkap. 

“Sementara saat ini baru kelapa bakar original. Nanti rencana ada kelapa bakar varian rasa mix dan spesial,” tandasnya.

Satu buah kelapa bakar dipatok dengan harga Rp. 15 ribu saja. Dengan harga murah pengunjung sudah dapat merasakan khasiat dari buah kelapa bakar.

Buka sejak pukul 14.00 Wita hingga malam hari. Jadi para pengunjung tak perlu khawatir jika melintasi kawasan ini maka para pelancong wajib mencoba kuliner baru dikawasan Kecamatan Muara Badak ini. (Fitri).

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button