KutimTerkiniTNI

Lanal Sangatta Serentak Gelar Penghijauan di seluruh Pesisir Kutim

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Prajurit TNI Angkatan Laut (Lanal) Sangatta bersama elemen masyarakat melakukan penghijauan atau penanaman pohon mangrove (bakau) diseluruh wilayah pesisir Kutim dalam rangka menyambut Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021 kali ini bertempat di pantai Desa Maloy Kecamatan Sangkulirang, Kutim, Selasa (23/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Sangkulirang, Kapolsek Sangkulirang, Camat, Syahbandar, Saka Bahari, dan masyarakat Maloy.

Komandan Lanal Sangatta melalui Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Kapten Laut (T) Didik Irwidjanto mengatakan bahwa penanaman pohon mangrove tersebut merupakan upaya pelestarian di wilayah kerja Lanal Sangaatta dalam rangka memperingati Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021.

Dia mengatakan, sebagai negara kepulauan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan mangrove terbesar di dunia. Ada sekitar 3 juta hektare hutan mangrove di sepanjang 95.000 km pesisir Indonesia atau 23 persen dari keseluruhan ekosistem mangrove dunia.

“Hari ini kembali 1000 bibit mangrove telah kita tanam dan mudah-mudahan keberadaan hutan mangrove nantinya memiliki peran yang penting dan manfaat yang besar bagi lingkungan sekitar, khususnya bagi penduduk pesisir Maloy ini”, katanya.

Senada, Komandan Posal Sangkulirang Letda Laut (P) Wahyu Sutiono menyampaikan bahwa penanaman mangrove ini merupakan program serentak dari komandan Lanal Sangatta dalam rangka memperingati Hari Armada tahun 2021 yang bertepatan pada tanggal 5 Desember 2021 mendatang. Jajaran Lanal Sangatta bersama unsur Muspika Sangkulirang bekerja sama untuk menyukseskan kegiatan penanaman mangrove yang bermanfaat bagi masyarakat ekosistem laut.

“Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam”, tutupnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button