KutimTerkiniTNI

Lanal Sangatta Gotong Royong Revitalisasi Monumen Kudungga

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.Tr. Hanla., M.M., CHRMP dan seluruh prajurit Lanal sangatta menggelar revitalisasi Monumen Kudungga bertempat didepan Stadion Kudungga jalan Soekarno Hatta Sangatta Utara. Selasa, (23/11/2021).

Revitalisasi adalah suatu proses atau cara dan perbuatan untuk menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya terberdaya sehingga revitalisasi berarti menjadikan sesuatu atau perbuatan untuk menjadi vital. Selain itu revitalisasi juga menjadi giat bakti sosial yang masuk dalam kegiatan karya bhakti Lanal Sangatta dalam rangka memperingati hari Armada RI Tahun 2021.

Kali ini jajaran prajurit Lanal Sangatta dipimpin langsung oleh Danlanal Sangatta sehingga tidak ada jarak antara atasan dan bawahan untuk saling bahu membahu membersihkan atau pemugaran Monumen Kudungga yang diresmikan pada 2013 monumen ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Kutai Timur.

“Kegiatan bersih-bersih Monumen Kudungga merupakan bentuk kepedulian TNI AL terhadap monumen-monumen yang sudah didirikan agar tidak kumuh dan rusak, diharapkan menjadi penggerak generasi muda agar dapat menjaga kebersihan seperti yang terlihat saat ini”, ucap Danlanal.

Adanya monumen tersebut bertujuan memberi penghargaan kepada masyarakat Kutim dan memberikan pengetahuan tentang Alutsista TNI AL. Selain itu adanya Monumen Kudungga selama ini sudah menambah obyek wisata di Sangatta, sebelumnya Lanal Sangatta juga memiliki Monumen Pesawat Intai jenis Nomad di Kawasan Bukit Pelangi.

Danlanal menjelaskan Monumen Kudungga terdiri dari Tank PT-76, Jangkar, dan Meriam Howitser 122 mm. Adapun karateristik Tank PT-76, dibuat oleh negara Rusia, dirancang pada tahun 1961 dan mulai aktif di TNI AL tahun 1962.

“Tank PT-76 merupakan jenis Tank Amfibi yang memiliki berat 14 ton, panjang 7,20 meter, lebar 3,14 meter, pengawak 3 orang, senjata utama Canon 76 mm dengan jarak tembak maksimum 6.700 m, kecepatan di jalan biasa 55 km/jam, medan berat 45 km/jam, dan di air 10 km/jam”, tutupnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button