KesehatanTerkini

Peran Babinsa Dalam Setiap Giat Vaksinasi di Kutim

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID,KUTIM – Hampir dalam setiap kegiatan pastinya sering melihat Babinsa maupun Bhabinkamtibmas, ternyata keduanya ini memiliki peran untuk mengawal serta mendampingi setiap kegiatan yang ada. Salah satunya giat serbuan vaksinasi yang terus dilakukan saat ini. Seperti tak kenal lelah dan tiada hentinya kegiatan vaksinasi 6-11 tahun, masyarakat umum maupun lanjut usia masih berjalan.

Apa jadinya bila kegiatan itu tanpa ada yang mengawal dan mendampingi ?. Seperti diketahui tentunya tanpa adanya pengawasan kegiatan itu akan berantakan. Aksi saling serobot pasti terjadi, untuk mengantisipasi hal itulah peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas sangat diperlukan.

Seperti yang dilakukan Babinsa Benua Baru Sertu Sutriatno personil Koramil 0909-05 Muara Bengkal dan beberapa personil lainnya serta Bhabinkamtibmas dan pihak terkait terjun langsung melakukan pemantauan jalannya pelaksanaan vaksin dan juga melakukan pendampingan serta pengamanan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun maupun masyarakat umum yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Muara Bengkal yang bertempat di SD 004 Benua Baru.

Terpisah, Danramil Muara Bengkal Kapten Arh M Jabal mengatakan dalam mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum termasuk anak usia 6-11 tahun dan lansia pihaknya selain melakukan pendampingan juga membantu pengamanan dan kelancaran selama pelaksanaan kegiatan bersama petugas vaksinator dari puskesmas termasuk pelaksanaan vaksin kali ini yang dilaksanakan di SD 004 Kecamatan Muara Bengkal.

“Kita bersinergi dengan pihak pihak terkait agar percepatan kekebalan tubuh bagi anak usia 6-11 tahun maupun masyarakat umum dan lansia cepat terbentuk sehingga dapat mencegah terjadi penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Muara Bengkal terutama bagi anak usia 12 tahun kebawah dan lansia,” ujar Danramil.

Dijelaskan Danramil, Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (BINTER) di wilayah pedesaan/kelurahan.  Kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan BINTER sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/ Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.

“Di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari Babinsa sering disibukkan dengan berbagai macam masalah yang menyangkut sosial (kemasyarakatan), makanya setiap giat apapun selalu ada Babinsa maupun Bhabinkamtibmas,” pungkasnya.

Sedang Bhabinkamtibmas ialah singkatan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat adalah petugas POLRI yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat. Peran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat, harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat masyarakat terkecil yakni kelurahan atau desa, mampu mendengar lebih jelas tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button