AdvetorialKutai TimurParlementerTerkini

Politikus Nasdem Meninggal Dunia, Arfan : Kami Akan Segera Berkoordinasi

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Wakil Ketua ll DPRD Kutim Arfan mengatakan, akan ada mekanisme untuk pergantian antar waktu (PAW) anggota dewan. Sebab, salah satu anggota dewan dari Fraksi Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Kamsiah Rohman meninggal dunia pada Senin (20/6). Sesuai tahapannya Fraksi Nasdem akan segera berkoordinasi dengan Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) juga akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentu ada aturan dan tahapan yang mendasar disana.

“Kita sangat kehilangan sosok beliau ini duka mendalam bagi Fraksi Nasdem beliau dua periode menjadi anggota DPRD daerah pilih (Dapil) Kecamatan Sangkulirang, beliau juga bendahara partai, dan ketua fraksi dua periode,” ujar Arfan, Selasa (21/6).

Dijelaskannya, nanti pimpinan dewan akan berkirim surat ke KPU untuk diverifikasi terkait nama yang diusulkan tersebut. Untuk proses PAW, kata Arfan pihaknya menunggu usulan dari Fraksi Nasdem. “Di dapil beliau ini agak sedikit lucu, sebab di nomor urut dua itu suara hanya mencapai 128 suara, sedangkan dinomor urut ketiga cuma 83 suara. Na kebetulan yang dinomor urut kedua itu sudah tidak ada ditempat dan kemungkinan sudah ke partai lain,” jelasnya.

Dikatakan lebih lanjut, kemungkinan akan digantikan dengan nomor urut ketiga. Untuk nomor urut kedua Arfan mengaku masih menunggu bukti konkrit perpindahannya karena jika itu terbukti maka otomatis nomor urut ketiga lah yang akan menggantikan atau menjadi PAW.

“Nanti KPU memberi penjelasan dan memverifikasi benar namanya bersangkutan suara terbanyak di bawahnya. Lalu ke DPRD melantik, tergantung partainya mengusulkan,” terangnya.

Sesuai ketentuan, ujar Arfan, suara terbanyak di bawahnya dalam satu dapil. Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah untuk PAW biasanya maksimal dua sampai tiga bulan. (ADV/JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button