KutimTerkiniTNI

Posal Sangkulirang Bantu Evakuasi LCT Rimba Raya lX di Pelawan

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Satu unit Patkamla Posal Sangkulirang berangkat menuju Dermaga PT Hanusentra Agro Lestari (HAL) Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang, Kutim untuk bantu evakuasi Kapal Landing Craft Tank (LCT) Rimba Raya IX, yang membawa enam unit truk pengangkut sawit tenggelam beberapa waktu lalu, lokasi kejadian berada di itik koordinat N 1°4″ Long – E 117° 53′”. Kamis (13/1/2022).

Komandan Pos TNI AL Sangkulirang Letda Laut (P) Wahyu Sutiyono menjelaskan LCT yang diketahui dari pelabunan Ronggang Sangkulirang itu, membawa truk pengangkut Buah Tandan Segar (TBS) Kelapa Sawit, dengan tujuan PT Hanusentra Agro Lestari (HAL), di Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang.

“Ini hari ketiga proses evakuasi, sekira pukul11.35 WITA LCT Rimba Raya IX berhasil di evakuasi , menggunakan dua unit excavator, chain block halun dan buritan, dibantu satu kapal LCT Taurus,” ujarnya.

Selain itu, juga disiapkan alat bantu lainnya seperti 50 buah drum plastik, kompresor dan alat selam, empat buah chain block dgn beban beat 15 – 20 ton. Usai berhasil mengevakuasi kapal Kata Danposal Wahyu kegiatan atau aktifitas bongkar muat buah sawit di Jetty Tersus PT HAL berjalan normal kembali.

Ia pun sedikit menjelaskan kronologis kejadian tenggelamnya Kapal LCT Rimba Raya lX yang dinahkodai oleh Muh. Faiz berlayar dari dermaga Ronggang Desa Benua Baru Ilir Kecamatan Sangkulirang dengan membawa enam unit kendaraan dump truk yang bermuatan buah kelapa sawit dengan tujuan Jetty PT Hanusentra Agro Lestari yang berada di Desa Pelawan.

Kemudian sekira PKL 10.55 WITA, LCT Rimba Raya IX telah sampai di Jetty PT Hanusentra Agro Lestari dan merapat dengan sempurna.
Kemudian salah satu truk yang bermuatan kelapa sawit tersebut keluar dari LCT Rimba Raya IX, namun saat truk kedua lambat mengambil haluan ketengah, sehingga truk yang masih berada di LCT Rimba Raya IX mengalami pergeseran ke arah kanan.

“Terjadi kemiringan yang mengakibatkan LCT Rimba Raya IX yang bermuatan truk tersebut tenggelam, melihat peristiwa tersebut Nahkoda LCT, ABK dan sopir truk tersebut meloncat ke sungai untuk menyelamatkan diri, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa,” jelasnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button