Kutai TimurKutimTNI

Prajurit Lanal Sangatta Laksanakan Latihan Renang

KUTAI TIMUR – Prajurit Lanal Sangatta berlatih ketangkasan berenang di Kolam Renang Townhall, Swarga Bara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Selasa (02/07/2024). Renang merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh prajurit TNI khususnya bagi prajurit TNI AL.

Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, S.E., M.Tr. Opsla., didampingi oleh Perwira Pelaksana Lanal Sangatta Mayor Laut (P) Rocky Evika Ishak yang memimpin langsung kegiatan ini menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya latihan renang ini adalah untuk melatih ketahanan fisik dan mental. Serta menguji kemampuan prajurit dalam berenang guna menunjang pelaksanaan tugas pokok.

“Sebelum memulai kegiatan para prajurit melaksanaan pengecekan tensi darah serta suhu badan dan dilanjutkan dengan senam peregangan yang bertujuan agar tidak terjadi cidera atau kram otot pada saat pelaksanaanya,” ucap Danlanal.

Letkol Laut (P) Rudi Iskandar juga menambahkan bahwa latihan renang yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh prajurit, sekaligus menindak lanjuti perintah pimpinan agar setiap prajurit TNI AL memiliki kemampuan renang yang memadai.

Danlanal menyebutkan pada kegiatan ini, materi renang yang diambil adalah materi ketahanan dengan menempuh jarak 200 meter. Latihan renang ini juga merupakan bekal kemampuan untuk bertahan di laut.

“Kemampuan bertahan di laut merupakan salah satu materi Sea Survival yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI Angkatan Laut. Hal ini, sebagai kewaspadaan dan kesiapsiagaan personel dalam menghadapi berbagai kemungkinan bahaya khususnya di laut,” tegas Danlanal. (*/Penlanal).

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!