AdvetorialKutai TimurTerkiniWisata dan Kuliner

Sail Sangkulirang Ajang Promosi Tingkat Mancanegara

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Sail Sangkulirang akan menjadi ajang promosi pariwisata bahari hingga ke tingkat mancanegara. Diperkirakan akan ada puluhan peserta dari luar negeri yang akan ikut berpartisipasi pada festival di perairan Kutai Timur 2024 mendatang. Sail merupakan ajang tahunan wisata bahari yang telah dimulai sejak tahun 2009. Sail adalah kegiatan pelayaran diperairan Indonesia yang diadakan setiap tahun oleh para pecinta kapal layar dari dalam maupun luar negeri.

“Belum di rekap tapi yang jelas ajang ini hingga tingkat mancanegara, diperkirakan akan ada puluhan peserta dari luar negeri yang akan ikut,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullah.

Terkait persiapan, Nurullah mengaku saat ini sudah masuk tahap presentasi ke Gubernur, dan Kementerian. Selain itu
sebelum puncak Sail 2024, tahun ini menyiapkan beberapa rangkaian event seperti festival Pantai Sekerat, ada lomba mancing bulan Oktober 2022, ada juga festival Sangkulirang yang menampilkan keindahan laut maupun budaya.

“Persiapan lainnya festival Teluk Kaba, festival Pulau Miang termasuk juga ada festival di Muara Wahau di wilayah tengah,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, Sail Sangkulirang akan berlangsung selama 14 hari. Dihari-hari pertama akan digunakan untuk parade kapal layar. Selebihnya akan digunakan untuk mengenalkan budaya dan adat setempat, melalui pesta adat, pesta laut dan sebagainya.

“Nanti juga ada beberapa objek wisata yang diharapkan akan dikunjungi wisatawan dan peserta sail baik dalam maupun luar negeri, agar mereka lebih mengenal potensi yang kita miliki,” jelasnya.

Dengan Sail Sangkulirang 2024 ini ia menegaskan pentingnya posisi Kutim sebagai wilayah strategis sebagai
penyangga Ibukota Negara (IKN) Nusantara. Sektor ini juga akan menjadi penggerak perekonomian diluar sektor pertambangan dan pertanian. “Tujuan besarnya dari adanya Sail Sangkulirang ini agar Kutim dikenal hingga ke kancah internasional,” imbuhnya. (ADV/JK/Kominfo)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button