KutimTerkiniTNI

Selain Baksos Lanal Sangatta juga Tanam 1000 Bibit Mangrove di Pulau Melahing

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Dalam rangka menyambut hari Armada RI tahun 2021 Pangkalan TNI AL Sangatta tak hanya menggelar bakti sosial namun juga menanam 1000 pohon bibit mangrove yang di tanam di Pulau Melahing Kota Bontang, Kalimantan Timur . Minggu (21/11/2021).

Hadir dalam kesempatan itu Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi,S.T.,M.Tr.Hanla.,M.M.,CHRMP, Palaksa Mayor Laut (P) Hermanto,S.T.,M.M.,M.Tr.Opsla,
beserta seluruh prajurit.

Penanaman mangrove kali ini Lanal Sangatta menggandeng beberapa unsur dari lapisan masyarakat diantaranya penggagas penanaman mangrove
Ketua kelompok Tani Lestari Indah Kota Bontang Moh. Ali, Karang Taruna Kota bontang Zulkarnaen,S.Ikom, dan juga siswa-siswi dari SMK Negeri 2 Kota Bontang dengan didampingi guru pembina Sugianto, M.Pd.

Danlanal menyampaikan pohon mangrove berfungsi sebagai stabilisator produktivitas sumber daya hayati wilayah pesisir yang akan berpengaruh terhadap perekonomian wilayah pesisir dari aspek fisik. Mangrove juga diketahui mampu menahan ombak, mencegah abrasi bahkan mampu meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh tsunami selain itu dari aspek ekologi mangrove mampu berfungsi sebagai filter.

“Jika jumlah ini bisa tumbuh dengan baik maka bisa menahan instruksi air laut ke daratan dan itu sudah bisa mengurangi abrasi serta bisa juga menjadi tempat pemijahan dan pencari makanan bagi ikan-ikan nantinya. Disamping itu polusi air dan udara dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur limbah dan mampu menyerap polutan atau asap dari udara,” katanya.

Bahkan mangrove juga sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut. Sedangkan dari sisi ekonomi mangrove mampu menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan arang serta menghasilkan buah atau biji yang dapat dibuat berbagai makanan atau minuman

“Keberadaan hutan mangrove juga memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata alam sehingga pada kesempatan yang baik ini pada momen menyambut Hari Armada tahun 2021 kami laksanakan kegiatan penanaman mangrove ini” Ujar Danlanal dalam penanaman pohon mangrove. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button