Kutai TimurTerkiniTNI

SMA Negeri 1 Bengalon Terima PBB Sebagai Pembentukan Karakter

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID- 120 murid SMA Negeri 1 Bengalon mendapatkan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) sebagai pembentukan karakter dari instruktur PBB Pelda Heri Lumare dan Serka Bambang AK bertempat halaman SMP Negeri 1 di Jalan Rawa Indah Desa Sepaso Kecamatan Bengalon. Jumat (22/7/2022).

Disampaikan Pelda Heri Lumare, bahwa PBB itu merupakan salah satu kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Gerakan PBB yang diajarkan meliputi sikap-sikap PBB di tempat, perubahan arah atau perpindahan, penghormatan, dan periksa kerapian.

“Untuk melatih tingkat kedisiplinan anak-anak yang selama ini belum atau jarang dilakukan disekolah karena sekolah tatap muka baru mulai dilakukan lagi,” sambungnya.

Sementara itu, Kapten Inf Sajani P Lumbantoruan menuturkan selain itu banyak hal positif lainnya yang bisa diambil dari pembelajaran PBB, yakni karakter untuk kuat di bawah tekanan, loyalitas, dan juga kecepatan dalam mengambil keputusan dalam situasi yang sulit.

Menurutnya, pembentukan watak atau karakter di bangku sekolah, kedepannya akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, lingkungan belajar-mengajar, maupun saat mereka menjadi pemimpin bangsa kelak.

“Untuk materi tambahan yaitu materi singkat tentang wawasan kebangsaan dan bela negara,” imbuhnya.

Dengan adanya pelatihan PBB diharapkan para siswa dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi,” tandasnya. (Jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button