AdvetorialKukar

Sosialisasikan Aplikasi Si Jajan, Dinas PU Kukar Tampung Masukan Masyarakat

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, Kutai Kartanegara – Dinas PU Kukar telah melakukan sosialisasi aplikasi Si Jajan ke beberapa kecamatan. Dari pertemuan itu, ada beberapa usulan dari masyarakat untuk memudahkan penggunaan sistem baru tersebut.

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar pada pekan lalu me-launching aplikasi Si Jajan. Yang merupakan akronim dari Sistem Jalan dan Jembatan. Aplikasi berbasis data itu, berfungsi untuk mengumpulkan informasi kelaiakan jalan dan jembatan di seluruh wilayah Kukar. Dengan radius per 200 meter.

Kabid Bina Marga Dinas PU Kukar, Restu Irawan mengatakan, dalam beberapa hari terakhir. Mereka sudah menggelar sosialisasi ke masyarakat. Untuk mengenalkan dan memberi tahu cara kerjanya.

“Sangat banyak masyarakat yang excited dengan adanya aplikasi ini. Pro dan kontranya tentu ada juga,” kata Restu, Jumat (2/6).

Karenanya, Dinas PU membuka ruang diskusi. Restu mengaku, selain bertanya, banyak masyarakat yang memberi beberapa usulan konstruktif juga.

“Kami akan buat aplikasi ini semudah mungkin. Mudah diakses dan mudah digunakan,” lanjutnya.

Tujuan jangka menengah Si Jajan, ialah partisipasi masyarakat. Nantinya, setelah ada penganggaran khusus. Akan tersedia Call Center. Sehingga masyakarat bisa melaporkan langsung kondisi jalan dan jembatan di daerahnya.

Namun karena aplikasi ini berbasis data, maka pelaporannya pun harus lebih rinci. Sampai ke perkara titik koordinatnya.

“Ya ini masih dalam tahapan evaluasi aplikasi. Misal ada kesusahan soal koordinat, langsung kami ubah. Supaya ini bisa mudah digunakan dan memantik peran aktif masyarakat,” sambung Restu.

Keikutsertaan masyarakat untuk memaksimalkan Si Jajan, menurut Restu sangat penting. Pasalnya di seluruh wilayah Kukar, ada 655 ruas jalan. Dengan kepanjangan bervariasi. Dari 100 meter, sampai 22 kilometer.

Sementara jumlah jembatan, ada 329. Dengan panjang mulai dari 4 meter, sampai 600 meter.
Karena itu, Aplikasi Si Jajan dibuat berbasis website GIS pemrograman PHP 5.6 framework codeigniter 3 dengan peta interaktif leaflet.js.

Aplikasi ini akan menampilkan informasi secara digital, soal kondisi jalan dan jembatan di Kukar. Dengan keterlibatan aktif masyarakat secara transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. (adv/vrn)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!