KesehatanTerkini

Vaksin Mulawarman Tangguh, Lansia Sasaran Utama

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Kodim 0909/KTM melalui Koramil 0909-04/Muara Ancalong terus konsisten gaungkan vaksin mulawarman tangguh, jika sebelumnya sasaran utamanya adalah masyarakat umum. Namun sejak beberapa bulan belakangan vaksin di fokuskan pada para lanjut usia (lansia) di masing-masing wilayah binaannya.

Meskipun tidak banyak yang mengikuti giat vaksin kali ini namun setidaknya akan menambah jumlah capaian vaksinasi khususnya di Kabupaten Kutim. Tak hanya para lansia vaksin mulawarman tangguh juga diperuntukkan bagi anak 6-11 tahun juga masyarakat umum di Desa Long Nah Kecamatan Muara Ancalong.

Danramil 0909-04/Muara Ancalong Kapten Arh M Jabal melalui Sertu Agus Suratno mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan progam vaksinasi yang sudah berjalan sebelumnya guna percepatan kekebalan tubuh pada masyarakat termasuk lansia.

Menurutnya, upaya vaksinasi bagi lansia tidak sebatas agar terhindar dari paparan atau penularan Covid-19, akan tetapi kondisi kerentaan para lansia menjadi perhatian selain anak dan masyarakat umum agar vaksinasi dapat optimal, efektif, dan tepat sasaran.

“Akselerasi vaksin Covid-19 jadi kunci untuk menekan angka kematian yang disebabkan virus-virus Covid-19,” katanya.

Dikatakan juga, sebagai kelompok yang sangat rentan terpapar Covid-19, pemerintah memprioritaskan lansia untuk mendapatkan vaksin Covid-19 dengan harapan dapat mengendalikan angka kesakitan bahkan kematian pada lansia.

“Pun juga dengan anak 6-11 tahun itu prioritas juga karena anak-anak pun memiliki resiko jika tidak vaksin,” tambahnya.

Ditegaskannya, anggota keluarga juga didorong untuk lebih pro aktif memberikan pemahaman kepada orang tuanya maupun anggota keluarga yang usia lanjut supaya mau divaksinasi. Edukasi dan sosialisasi secara intensif dari anggota keluarga maupun orang terdekat seputar manfaat dan pentingnya vaksinasi diharapkan dapat menguatkan tekad mereka mendapatkan vaksin. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button