KesehatanKutimNasionalTerkini

Vaksinasi BINDA Kaltim Sasar 500 Warga Sangatta Selatan

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Badan Intelijen Negara Kalimantan Timur (BINDA Kaltim) terus berupaya meningkatkan jumlah presentasi vaksinasi dikalangan masyarakat umum. Senin (6/12/2021) BINDA Kaltim dibantu tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kutim menyelenggarakan serbuan vaksinasi khusus di Kecamatan Sangatta Selatan. Ditargetkan 500 warga Desa Sangatta Selatan dan Kelurahan Singa Geweh harus menerima vaksin.

BINDA Kaltim melaksanakan vaksinasi di Gedung Serbaguna Kantor Desa Sangatta Selatan ratusan masyarakat dari dua lokasi memadati halaman kantor untuk mendapatkan blanko pendaftaran. Tingginya animo masyarakat tak lepas dari peran para perangkat desa dan kecamatan yang gencar memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa vaksin merupakan suatu kebutuhan wajib saat ini.

Roni Wahyudi, Kepala Desa Sangatta Selatan mengatakan vaksin yang digunakan pada hari ini ada dua jenis, Sinovac dan Astrazaneca. Dari 500 dosis 300 diantaranya Astrazaneca khusus untuk vaksin tahap 1 sementara 200 dosis jenis Sinovac diperuntukkan bagi lansia dan komorbid.

“Target kita itu untuk lansia dan komorbid karena memang untuk kedua kategori ini masih terbilang kurang hal itu dikarenakan masyarakat masih banyak yang memercayai isu hoaks padahal vaksin itu aman. Pelan tapi pasti kita edukasi masyarakat dan Alhamdulillah peserta lansia dan komorbid cukup banyak yang hadir,” katanya.

Senada, Vita Nurhasanah, Camat Sangatta Selatan menerangkan untuk capaian vaksinasi di Kecamatan Sangatta Selatan sudah masuk dalam kategori cukup, namun untuk kategori lansia Vita menjelaskan itu masih kurang atau relatif sedikit, hal itu disebabkan karena adanya rasa takut yang menyelimuti pikiran para lansia.

“Beberapa waktu lalu pas ada kegiatan posyandu kita tanyakan kepada lansia apa penyebab ketakutannya, ternyata mereka takut ada efek samping selain itu juga memiliki penyakit penyerta, tapi pelan kita memberikan pengertian dan apa manfaat vaksin, Alhamdulillah mereka hadir,” jelasnya.

Vita menegaskan vaksin hari ini dikhususkan bagi lansia dan komorbid hal itu sudah dikoordinasikan kepada semua pihak desa juga RT di Kecamatan Sangatta Selatan tanpa terkecuali.

“Jadi RT-RT menyampaikan informasi vaksinasi melalui toa Masjid, memang caranya manual tapi ini efektif dan terlihat dengan animo masyarakat yang hadir pada pagi ini,” terangnya.

Zulhan (43) warga Kelurahan Singa Geweh yang menjadi salah satu peserta vaksin BINDA mengucapkan rasa terimakasihnya atas kegiatan yang dilaksanakan BINDA Kaltim didaerahnya. Menurutnya vaksin adalah kebutuhan mendasar selain untuk membentuk kekebalan kelompok tubuh juga sebagai syarat perjalanan.

“Ini vaksin pertama saya dan istri Alhamdulillah tidak ada efek apapun yang saya rasakan. Sejauh ini pun orang-orang yang sudah divaksin nyatanya baik dan sehat saja. Itulah sebabnya saya pun hadir untuk vaksin,” tutupnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button