KutimTerkiniTNI

Puncak HUT Armada RI, Danlanal Sangatta Bacakan Amanat KASAL

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T.,M.Tr. Hanla.,M.M., CHRMP bertugas sebagai inspektur upacara (Irup) pada puncak HUT Armada RI Tahun 2021 membacakan amanat Amanat dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono secara singkat. Berisikan peringatan hari Armada RI tahun ini, yang mengangkat tema Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju, merupakan momentum yang sangat tepat bagi segenap jajaran TNI Angkatan Laut untuk merefleksikan diri, melakukan instrospeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan pencapaian tugas-tugas yang telah dilaksanakan.

Dihadapan para peserta upacara diantaranya Palaksa, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Lanal Sangatta dengan khidmat mendengarkan amanat yang dibacakan Irup dengan tegas dan gagah berani. Dilapangan upacara Mako Lanal Sangatta Jalan Malahayati komplek Perkantoran Bukit Pelangi upacara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Selain itu, peringatan ini merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan Armada RI. Keteladanan dari para sesepuh ini harus lah menjadi pegangan bagi kita generasi penerus saat ini dan di masa mendatang.

Namun, hal terpenting pada momen peringatan hari Armada ini adalah wujud rasa syukur kita kepada tuhan yang maha kuasa, atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-nya sehingga Armada RI dapat senantiasa melaksanakan tugasnya selaku cakrawala samudera dengan gemilang, meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Kemudian, sebagai ksatria pengawal samudera Armada RI harus mampu menunjukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di laut.

“Satu yard-pun tidak akan kita mundur, karena tidak ada tawar menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa. prinsip ini harus kita pegang teguh selamanya, meskipun nyawa yang menjadi taruhannya,” tegasnya.

Sebagai prajurit Jalasena, Armada RI harus siap setiap saat dalam menjalankan amanat rakyat untuk menjaga lautan nusantara. Karena prajurit TNI AL adalah tulang punggung kembalinya kejayaan Maritim Indonesia. Seperti yang pernah dikatakan oleh Bung Karno dalam pidatonya, “Bangsa Indonesia tidak bisa menjadi bangsa yang kuat, tidak bisa menjadi negara yang kuat, jika tidak menguasai samudera, jikalau tidak kembali menjadi bangsa maritim”.

Oleh karena itu, bila ingin menjadikan negara indonesia menjadi negara yang kuat, Armada RI harus mampu mengawal dan melindungi setiap yard lautan nusantara.

“Kita akan membangun kekuatan Armada yang mampu menjaga laut nusantara dari sabang sampai merauke. Kekuatan armada yang deru mesinnya terdengar di laut mediterania. Armada yang ular-ular perangnya berkibar di laut natuna utara, di selat malaka, di perairan ambalat, di laut aru, dan di setiap jengkal perairan Indonesia,” sambungnya.

Untuk itu, wahai para prajurit Jalasena sekalian. Cintai Armada ini, rawatlah kapal-kapal kalian dengan penuh rasa bangga, karena mereka adalah kuda-kuda perang yang akan membawamu menggulung lawan bagaikan badai di lautan, isi diri dengan berlatih, berlatih, dan berlatih buktikan kepada rakyat indonesia bahwa kalian layak menyandang predikat sebagai “Ksatria perkasa di tengah samudera” Ghora Vira Madya Jala.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan syukuran pemotongan tumpeng yang di lakukan Komandan Lanal Sangatta sebagai tanda ucapan syukur peringatan di Hari Armada RI tahun 2021, selanjutnya diserahkan kepada prajurit paling muda yang berdinas di Lanal Sangatta yaitu Kld Bah Adrian di Halaman Mako Lanal Sangatta. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button