AdvetorialKutimTerkiniWisata dan Kuliner

Warga Dusun Rindang Benua Gelar Syukuran U’O Ajau Dimasa Pandemi

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM-
Seluruh masyarakat Dusun Rindang Benua kilometer 10 poros Sangatta-Bontang menggelar syukuran U’O Ajau atau pesta panen padi. Ritual U’O Ajau ini rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas keberhasilan panen padi.

Meski dimasa pandemi tak menyurutkan semangat masyarakat yang dikenal dengan Desa Wisata Rindang Benua Lepoq Kenyah. Jumat (23/4/2021) masyarakat Dusun Rindang Benua berkumpul bersama di Balai Pertemuan Umum Dusun Budaya.

Acara yang yang diiisi dengan beberapa tarian Adat Dayak, sambutan tokoh masyarakat, tokoh adat, PKK, Ketua RT, dan Kepala Dusun. Dusun Rindang Benua yang tak hanya memiliki kegiatan rutin pesta budaya panen padi, agrowisata, tapi juga memiliki kawasan wisata air terjun Jantur Benua Indah.

Kepala Dusun Rindang Benua, Sekimin mengatakan syukuran U’O Ajau digelar sangat sederhana mengingat pandemi Covid-19 belum berlalu. “Kita gelar sangat sederhana karena masih masa Covid-19, jadi seadanya saja, ini hanya tingkat dusun,” katanya.

Dijelaskan Sekimin, Ritual U’O Ajau
sebagai sarana menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan karena telah menyelesaikan segala pekerjaan diladang, dan sebagai rasa terima kasih kepada Tuhan karena luput atau terhindar dari marabahaya bahkan sembuh dari penyakit.

“Intinya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, kepada leluhur,” imbuhnya.

Selain itu, ada juga Pekatuk. Pekatuk adalah saling menasihati, mengingatkan, mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar senantiasa berprilaku baik, jujur, sopan, beretika sesuai dengan nilai dan norma-norma adat dan budaya.(adv/jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!