AdvetorialKutimTerkiniWisata dan Kuliner

Air Terjun Langga Duae Surga Tersembunyi Di Kecamatan Sandaran Kutim

Sumber Foto : Anak Pedalaman

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Berbicara soal keindahan alam di Kecamatan Sandaran, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kaltim seperti tak ada habisnya. Selain ada Danau Sapan Indah yang memiliki air yang jernih berada di pegunungan juga ada Air Terjun Langga Duae yang begitu eksotis.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Tanjung Mangkalihat dan memang belum banyak diketahui oleh khalayak umum karena akses kesana terbilang sulit. Medan terjal dan rimbunnya hutan khas Kalimantan menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta alam.

Kepala Objek Wisata Kutim Akhmad Rifanie menyebutkan jika ingin menuju kesana maka para pengunjung harus melewati jalur darat dan dilanjutkan dengan perjalanan air. Menyebrangi lautan Sangkulirang kemudian menuju Kecamatan Sandaran.

“Pemandangannya sangat sejuk, airnya pun bening kebiruan ini merupakan air terjun terbesar yang ada di Kutim, bahkan Kaltim,” imbuhnya.

Meskipun terletak di ujung Kutim namun ini wajib dikunjungi. Air Terjun Langga Duae ternyata adalah air terjun terbesar diwilayah Kaltim. Memiliki ketinggian 16 meter dan lebar 20 meter ini mengalirkan air yang deras kebiruan dari atas pegunungan karts.

“Para wisatawan dapat merasakan sensasi dinginnya air yang jatuh kedalam kolam yang cukup dalam, rasa lelah akan terbayarkan ketika sampai ditujuan,” pungkasnya.

Pengunjung yang datang pun tidak dikenakan biaya masuk, namun jika ingin berkunjung kesana diwajibkan kondisi tubuh dalam keadaan sehat sebab padatnya hutan tropis menjadi tantangan yang tak terlupakan.

“Jalan kaki kedalam hutan sekitar 300 meter saja, tidak akan menyesal ketika sampai di sana karena banyak yang menyebutkan kalau Air Terjun Langga Duae ini sebagai miniaturnya Air Terjun Niagara dengan kearifan lokal,” tandas Rifanie.(ADV/JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button