KutimTerkini

Bertemu Aspotmar Danlanal dan Bupati Kutim Bahas Program Sail Sangkulirang

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID,KUTAI TIMUR – Demi menyukseskan pelaksanaan Program Indonesian Naval Aquagriculture (INAP) dan Sail Sangkulirang yang puncaknya pada oktober 2024 mendatang, Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi mendampingi Bupati Kutai timur Drs.H.Ardiansyah Sulaiman,M.Si menghadap Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah dalam rangka pembahasan program INAP dan Sail Sangkulirang di Markas Besar TNI AL Jalan Raya Hankam Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (29/3).

Kabupaten Kutim dinyatakan siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan TNI AL dalam rangka mensukseskan Program Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL yang selaras dengan RPJMD Kabupaten Kutim, khusus program INAP, Ardiansyah Sulaiman menaruh harapan yang sangat besar sehingga dapat dilaksanakan terlebih dahulu bersamaan dengan KBN.

Bupati Kutai Timur Melalui Kepala Bappeda Menyampaikan presentasi terkait dengan rencana pelaksanaan Sail Sangkulirang 2024, sekaligus menyampaikan program-program unggulan yang akan menyertai kegiatan Sail Sangkulirang.

“Sebelum pelaksanaan Sail Sangkulirang pada 2024 mendatang, wisata bahari yang dikembangkan di Kutim berpotensi sebagai penggerak perekonomian masyarakat di wilayah pesisir, sehingga dengan adanya perencanaan Sail Sangkulirang 2024, mampu mengangkat kearifan budaya Lokal khususnya pada sektor wisata Bahari,” ucap Suprihanto.

Dikesempatan yang sama Danlanal juga menyampaikan terkait kesiapan KBN Lanal Sangatta yang telah dikembangkan yang berkolaborasi dan mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab Kutim. Menurutnya ada banyak hal yang perlu dibicarakan dalam pembahasan persiapan terkait Sail Sangkulirang tersebut.

Di antaranya, maksud dan tujuan , manfaat, persiapan apa yang direncanakan dalam waktu singkat, sumber pendanaan, unsur-unsur pelaksana dan promosinya seperti apa, serta evaluasi kegiatannya lainnya.

“Jadi ada banyak hal yang dibicarakan pada Pembahasan persiapan di Sangkulirang itu,” imbuhnya.

Dengan dipaparkannya potensi yang ada di Kutim, Staf Umum Potensi Maritim menyarankan kepada Pemda Kutim bahwa untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan Sail Sangkulirang yang sedang direncanakan agar menyiapkan sarana transportasi berupa pengembangan bandara sebagai penghubung antar moda dan memanfaatkan media untuk promosi program kegiatan tersebut.

“Agar Danlanal Sangatta turut membantu Pemkab Kutim dalam mensinergikan program terkait dengan Sail Sangkulirang berupa kegiatan sosial kemaritiman berupa perantara, bakti kesehatan dan kegiatan pembinaan potensi maritim di Wilayah Kutim, jika sarana dan prasarana itu sudah terpenuhi maka sangat berpeluang terlaksananya Sail Sangkulirang 2024,” tutup Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!