KesehatanKutai TimurTerkini

BINDA Kaltim Buka Gerai Vaksin di Puskesmas Sangatta Utara

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) membuka gerai vaksin 1-2 dan 3 di Puskesmas Sangatta Utara, Desa Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Rabu (27/7/2022).

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 173 orang masyarakat sangat antusias dengan mengantri sejak pagi dan mengikuti sejumlah tahapan, mulai dari registrasi, skrining, pengecekan suhu tubuh, cek tensi darah, hingga penyuntikan vaksin yang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala UPT Puskesmas Sangatta Utara Nurjanah melalui dr. Ananda mengatakan BINDA Kaltim bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim dalam rangka percepatan vaksinasi baik itu dosis 1-2 maupun booster untuk masyarakat Kutim. Untuk jenis vaksin yang digunakan kata dr. Ananda Sinovac, Astrazeneca, Moderna, dan Pfizer.

“Meskipun saat ini kasusnya sudah cukup landai di Kutim khususnya ya. Namun kita tetap berupaya memberikan vaksin untuk mencapai kekebalan tubuh bagi masyarakat,” katanya saat di konfirmasi.

Untuk lansia, lanjut dr. Ananda sebanyak 12 orang, terdiri dari dosis satu 2 orang, dosis dua 1 orang, dan dosis tiga 9 orang.

Nurjanah mengimbau agar masyarakat berperan aktif mengunjungi sentra vaksinasi terdekat untuk melengkapi dosis vaksin hingga ketiga atau booster. Ia pun mengingatkan bila terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)  pasca vaksin Covid-19, penerima vaksin harus bersikap tenang Reaksi nyeri, bengkak, dan kemerahan di lokasi suntikan dapat diatasi dengan kompres dengan air dingin. Jika terjadi demam dapat mengompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih, istirahat, dan minum obat bila perlu.

“Tapi bila gejala KIPI nya berat maka catat dengan detail dan segera laporkan pada petugas atau fasilitas kesehatan terdekat,” imbaunya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!