AdvetorialKutai TimurPemerintahanTerkini

Bupati Kutai Timur Apresiasi Disnakertrans karena Hal Ini

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada segmen ekonomi yakni penyerapan 50 ribu tenaga kerja telah berjalan dengan baik. Bupati Kabupaten Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, pun mengapresiasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) atas hal itu.

Karena berdasarkan data yang diterima orang nomor satu di Kutai Timur itu, pada triwulan kedua tahun 2022 ini serapan tenaga kerja telah melampaui target tahunan, yang menargetkan 10 ribu menjadi 12.400 tenaga kerja terserap.

“Sesungguhnya saya merasa cukup apresiatif, karena sampai sekarang ini alhamdulillah laporan-laporan terkait dengan tenaga kerja kita itu cukup bagus,” kata Ardianysah saat rapat koordinasi di Ruang Meranti, Kantor Bupati, pada Senin (11/7), Pagi.

Meski begitu, ia juga mewanti-wanti agar mewaspadai imbas pemberlakuan aturan kepegawaian terbaru dari pemerintah pusat kepada seluruh daerah. Terutama dampaknya bagi tenaga kontrak maupun honorer, yang disebut-sebut pada bulan November tahun 2023 akan ditiadakan.

“Nah, coba apa kira-kira kontribusi (Disnakertrans) terkait ini. Saya kira kita harus antisipasi dari sekarang,” ungkapnya.

Usai mengungkapkan soal itu, dan menawarkan balai latihan kerja (BLK) sebagai upaya mewadahi tenaga kontrak yang tidak terakomodir dalam formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, Sekretaris Disnakertrans Kutai Timur, Peter Buyang, menuturkan bahwa sarana tempat pelatihan untuk memperoleh keterampilan tersebut hanya mendapatkan anggaran dari APBD tingkat dua sebesar Rp 250 juta.

“Kemarin rakor untuk tahun anggaran 2023 belum ada sama sekali anggaran untuk pelatihan, mungkin ini kedepan supaya anak-anak kita yang mau masuk di perusahaan (agar) bisa bersaing dengan tenaga-tenaga dari Jawa,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia berharap masalah itu dapat menjadi perhatian bersama, karena menurutnya gelombang rekrutmen tenaga kerja tidak dapat dibendung sehingga peningkatan sumber manusia merupakan langkah yang harus ditempuh. (ADV/JUN)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button