AdvetorialKutimPemerintahanTerkini

Bupati Kutim Apresiasi Kebun Kelulut Sangatta Selatan Berharap Jadi Destinasi Wisata Edukasi

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM-
Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman beserta istri hadir dalam Peresmian Dan Panen Perdana Kebun Kelulut yang terletak di Jalan Pertamina Kilo meter Empat Sangatta Utara. Program binaan CSR PT Pertamina EP Sangatta ini memiliki sekitar 150 koloni kelulut jenis trigona.

Dikelola oleh Kelompok Tani trigona Reborn selama kurang lebih dua tahun. Saat ini produksi madu kelulut sudah cukup mumpuni dari satu sarang kelulut bisa menghasilkan kurang lebih satu liter yang dibanderol harga Rp.600 ribu.

Bupati Kutim yang hadir sangat mengapresiasi program binaan PT Pertamina EP Sangatta ia pun berharap kebun kelulut dapat menjadi destinasi wisata edukasi bagi masyarakat.

“Ini wajib dikembangkan pada tahun-tahun berikutnya agar tempat ini menjadi pusat destinasi wisata edukasi. Kalau dulu keberadaan kelulut tidak dianggap namun berbeda dengan sekarang kelulut bisa menjadi sumber rejeki dengan banyak manfaat,” ungkapnya.

Madu kelulut dihasilkan dari lebah kelulut yang tergolong ke dalam lebah yang tidak bersengat dan mampu menghasilkan madu sama seperti lebah madu. Keberadaan lebah kelulut saat ini dapat dengan mudah ditemui di hutan-hutan, khususnya hutan di Indonesia.

“Kelulut ini mudah dibudidayakan dulu saya pernah punya dua kotak sarang madu kelulut namun setelah satu kali panen kelulutnya pergi ya karena saya belum paham bagaimana cara budidayanya. Jika ingin belajar budidaya kelulut bisa datang saja kesini sambil berwisata juga belajar cara berkembang biak kelulut,” terangnya dihadapan tamu undangan.

Madu kelulut dapat menjadi obat untuk orang yang menderita penyakit maag karena madu memang punya 1001 macam khasiat. Madu ini juga dapat diolah kembali dibuat menjadi kue kering, atau campuran minuman misalnya.

“Banyak kegunaannya, sekedar saran nanti bisa di jual dalam kemasan kecil dengan harga yang tidak menguras kantong agar bisa menjadi oleh-oleh Sangatta Selatan juga. Nanti juga kita skemakan untuk pemasaran madu kelulut seperti kita jual ke pengolah obat herbal,” tukasnya.

Untuk diketahui. Madu kelulut memiliki rasa yang tidak begitu manis dan sedikit asam. Madu sehat tanpa sengat ini juga memiliki manfaat lain selain untuk kesehatan, manfaat lain yang dimiliki ialah dapat melembutkan, melembabkan dan mencerahkan kulit selain itu juga dipercaya dapat memudarkan flek-flek hitam pada wajah.(adv/jk

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button