KutimTerkini

Dampingi Penyerahan Bantuan Sarpas Nelayan, Danlanal : Jangan di Jual

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Senin (25/10/2021) lima kelompok nelayan di Kecamatan Sangatta Selatan terima bantuan sarana prasarana penangkapan ikan kepada nelayan bertempat di TPI Kenyamukan Sangatta, Kutim. Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP yang hadir dalam kesempatan itu menegaskan pada penerima bantuan agar tidak menjual apa yang sudah diperjuangkan pemerintah dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutim.

“Teman-teman nelayan yang mendapatkan bantuan, jangan baru satu atau dua bulan sudah dijual, besok kita tidak akan lagi membantu, ini bukan ancaman!” tegas Danlanal.

Jangan sampai, lanjut I Komang apa yang sudah diperjuangkan, di canangkan menjadi sia-sia. Berikan rasa kepercayaan DKP bahwa apa yang sudah mereka kerjakan selama ini benar digunakan dan tidak disalahkan gunakan. Perlu diingat pemerintah pusat, pemerintah provinsi, juga pemerintah daerah memberikan ini untuk kesejahteraan nelayan.

Danlanal juga berpesan kepada para nelayan jika ada menemukan hal-hal yang melanggar aturan di laut maka segera melaporkan itu kepada Lanal, Polairud, atau DKP. Hal itu guna menekan pelanggaran dan pengerusakan perairan di Kutim.

Danposal Muara Sangatta, Pelda Bek Nur Rofik juga menyampaikan bahwa sinergitas yang baik antara pemerintah dan aparat keamanan terkait berjalan baik, sehingga acara pemberian sarana perlengkapan penangkapan ikan pun berjalan dengan baik. Selama ini kerjasama dari berbagai pihak sudah sangat harmonis.

Selain itu, untuk bantuan yang bersumber dari DAK 2021 kata Danposal Muara Sangatta, dirinya mendata dan mengobservasi siapa yang berhak menerima bantuan sarpas, dan mengajukan kelompok nelayan terpilih ke DKP.

“Kami survey terlebih dahulu kepada ketua perkumpulan nelayan binaan kami, kami lakukan observasi mana yang berhak mendapatkan bantuan, kemudian kami ajukan ke DKP yang memiliki program terkait bantuan nelayan agar lebih tepat sasaran” ujar Danposal Muara Sangatta.

Untuk diketahui, bantuan yang diterima antara lain perahu terbuat dari fiber glass dengan panjang 6 m dan lebar 1 m, bermesin ketinting 6,5 HP, As propeler baling-baling set, gill net 3 inch, timah, tali ris 4 mm, tali ris 3 mm, pelampung, life jacket, cool box dan radio komunikasi.

Adapun Kelompok Nelayan yang mendapatkan bantuan pada hari ini diantaranya Cahaya Musang, Etam Maju Bersama, Bura Lembong, Tunas Nelayan, Teluk Kaba Berjaya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button