KutimTerkini

Daniel P Sebayang Resmi Nahkodai DPC HMKI Kutim

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID,KUTAI TIMUR – Daniel Politius Sebayang resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Ia dilantik langsung oleh Ketua Umum DPP HMKI Dr Minola Sebayang, dan dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman serta Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang. Daniel Politius Sebayang menahkodai DPC HMKI Kutim dengan masa bakti 2021-2026. Senin (16/5/2022).

Bertempat di Gedung Yayasan Christiani Center Jalan Soekarno Hatta, Dr Minola Sebayang sedikit menceritakan sejarah HMKI. HMKI merupakan perkumpulan sosial yang bersifat keke­luargaan dan merupakan wadah untuk menghimpun dan me­ngembangkan potensi masyarakat Karo yang ada di Indonesia, terbentuk pada (28/10/1995) lalu di Hotel Century Park, Jakarta. Berdirinya Perkumpulan HMKI diprakarsai oleh sejumlah tokoh masyarakat Karo, diantaranya Ny. Lt Djamin Ginting, Ny. Selamat Ginting, Dr K. Pri Bangun, dan H Kasim Ginting.

Meskipun ini baru pertama kali di bentuk di Kutim Dr Minola Sebayang mengajak seluruh ma­syarakat Karo yang ada di Kutim untuk memperkuat persa­tuan dan kesatuan tanpa membeda-beda­kan kelompok maupun organisasi.

“De­ngan terwujudnya persatuan dan kesa­tuan serta kerjasama yang baik di seluruh elemen, HMKI optimis masya­rakat Ka­ro di Kutim bakal mampu berkontribusi maksimal bagi daerah, bangsa dan negara,” ujar Dr Minola.

Sementara itu, Ketua DPC HMKI Kutim Daniel Politius Sebayang mengatakan pada umumnya tujuan HMKI adalah untuk ikut bersama sama membangun daerah tempat berdomisili dan menyatukan semua elemen-elemen masyarakat Karo, untuk kepentingan masyarakat Karo di manapun berada.

“Dengan terbentuknya DPC HMKI Kutim tentunya untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat diperlukan sikap saling menghargai dan saling menghormati antar hak dan kewajiban yang ada diantara kita demi menjaga keutuhan negara dan menjunjung tinggi sikap saling toleransi antar umat beragama,” lanjutnya.

Ditegaskannya, Daniel menyampaikan terbentuknya DPC HMKI Kutim semata-mata untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah dari segi apapun. “Kontribusi yang ingin kami berikan adalah segalanya dalam bentuk kegiatan sosial atau apapun yang terbaik untuk Kutim, bukan kami susun proposal lalu minta dana hibah,” imbuhnya seraya tersenyum.

Dalam sambutannya, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman memperkenalkan secara ringkas sekilas tentang sejarah Kabupaten Kutim kepada Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang dan Dr Minola Sebayang. Usai memperkenalkan sejarah singkat Kabupaten Kutim, Bupati Kutim Ardiansyah pun memberikan apresiasi atas pengukuhan kepengurusan DPC HMKI Kutim.

“Kutim ini heterogen kaya akan suku dan budaya semoga dengan terbentuknya DPC HMKI Kutim dengan kepengurusan ini dapat menyatukan visi misi sesuai dengan visi misi Pemkab Kutim, juga guna memajukan organisasi ke depan menyongsong kejayaan,” paparnya.

Usia memberikan sambutan, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman pun memberikan cindera mata kepada Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang. Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Kutim yang telah mendukung terbentuknya HMKI Kutim. Ia juga berharap kepada kepengurusan yang baru ini dapat menunjukkan kinerja, dan kebersamaan dalam membangun Kutim.

“Jangan sia-siakan Ketua Umum DPP HMKI sampai datang kesini, ingat kerjasama dengan pemerintah. Untuk kepada masyarakat Karo yang ada di Kutim mari kembali juga ke Karo bahwa HMKI ada di Kutim. Terkhusus untuk Bapak Ardiansyah Sulaiman marilah datang ke Karo,” tandasnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button