AdvetorialBudayaKutai TimurTerkini

Dera Fiorentina Agatha dan Handi Wijaya Jadi Juara di Ajang Duta Budaya Kutim 2022

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Semangat berprestasi putra-putri terbaik Kabupaten Kutai Timur tak pernah padam. Hal itu dibuktikan dengan turut andilnya mereka dalam mengikuti ajang perhelatan Duta Budaya Kutim 2022. Pada malam grand final Duta Budaya Kutim 2022 Dera Florentina Agatha dan Handi Wijaya terpilih sebagai juara keduanya terpilih sebagai Duta Budaya Kutim 2022. Selasa (6/7/2022), Malam.

Dera merupakan finalis ke 12 perwakilan dari SMA Negeri 1 Kecamatan Kongbeng, sedangkan Handi Wijaya finalis ketiga merupakan perwakilan dari STIPER Kutim. Sebelumnya para finalis ini mengikuti seleksi dan tahapan demi tahapan.

Grand final tersebut merupakan puncak dari seluruh rangkaian pelaksanaan pemilihan Duta Budaya Kabupaten Kutim tahun 2022 yang sudah dimulai sejak bulan lalu melalui berbagai tahapan, yakni seleksi administrasi, wawancara, tes tertulis, babak penyisihan, karantina, dan pembekalan finalisasi.

Kepala Bidang Kesenian Tradisi, dan Perfilman Dinas Kebudayaan Kutim, Hendra Ekayana, ST.,MT mengatakan ditengah gempuran budaya asing jangan sampai melupakan budaya sendiri. Menjadi Duta Budaya harus mampu menjadi sosok terdepan dalam memahami, memperkenalkan hingga menjadikan budaya sebagai jati diri.

“Menjadi seorang Duta Budaya tidak hanya sebatas mengandalkan kecantikan dan kemolekan tubuh, tetapi juga harus diimbangi dengan kecerdasan, kepribadian dan kemampuan diri. Banyak memahami dan mengetahui tentang budaya asli Indonesia. Semua itu diimbangi dengan kualitas kepribadian yang baik dan kemampuan yang mumpuni,” kata Hendra Ekayana.

Ketua Panitia pemilihan Duta Budaya Kutim 2022 itu juga mengimbau kepada para juara yang terpilih untuk berani berkompetisi ke tingkat yang lebih tinggi dan berkarya didalamnya.

“Jangan sampai berhenti disini, proses belajar terus berlanjut dan akan terus berkembang untuk dapat mempersiapkan diri mengikuti pemilihan Duta Budaya Provinsi Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Dia berharap para finalis dan juara yang terpilih bisa berkarya dan memberikan kontribusi yang lebih baik dari putra putri Duta Budaya Kutim pada tahun-tahun yang mendatang. Mampu berperan di masyarakat dan bisa memberikan contoh yang baik bagi seluruh muda-mudi pada umumnya.

“Harapannya semoga Duta Budaya Kutim baik putra dan putri dapat menjadi pioneer pemajuan kebudayaan di Kutai Timur serta dapat berprestasi yang lebih baik lagi ditingkat provinsi dalam pemilihan Duta Budaya Provinsi yang Insya Allah diadakan pada akhir bulan Juli ini,” harapnya.

Hendra Ekayana juga tak hentinya mengucapkan selamat pada putra-putri terbaik Kutai Timur yang telah mengikuti perhelatan Duta Budaya Kutim 2022.
“Dan selamat kepada para pemenang dan bersiap juga mengikuti beberapa kegiatan yang ada di Dinas Kebudayaan Kutai Timur serta turut mendukung program Pemerintah Kutai Timur dalam bidang kebudayaan,” tandasnya. (ADV/JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button