AdvetorialKutai TimurTerkini

Wabup Kutim Buka Acara Grand Final Duta Budaya 2022

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang membuka perhelatan Grand Final Budaya Kutim 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Kutim yang digelar pertama kalinya di Tuah Bumi Untung Benua, acara itu berlangsung di Gedung Serbaguna (GSG) kawasan Bukit Pelangi. Selasa (6/7/2022), Malam.

Sebanyak 20 finalis yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri masing-masing mewakili sekolah dari beberapa kecamatan untuk mengikuti ajang pemilihan Duta Budaya Kutim 2022.

Pada malam grand final itu terpilih 10 putra-putri terbaik untuk melakukan sesi tanya jawab yang diberikan oleh lima orang dewan juri. Diantaranya Yorgian Pratama, Dera Florentina Agatha, Muhamad Reza Allfani, Siva Sintia, Handi Wijaya, Widya Astuti Arifin, Muhammad Alfarizi Adytia, Shafa Dwinanda, Keny Alung, Josefhi.

Kasmidi dalam sambutannya menyatakan sangat mendukung penuh kegiatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan  Kabupaten Padang Kutim itu. Menurutnya, jika wawasan budaya sudah dikuasai maka remaja baik putra maupun putri bisa menjadi duta dalam mempromosikan pariwisata dan budaya Kutai Timur.

“Selamat kepada adik-adik yang terpilih dan lolos dalam 10 besar Duta Budaya Kutim 2022, terus tingkatkan pengetahuan dan kemampuan. Terpenting tetap rendah hati agar dapat menjadi Duta Budaya yang berkarakter sesuai dengan tema tahun ini “Muda berwawasan, muda berkarakter, muda kreatif, muda inisiatif, muda dinamis, dan muda berbudaya,” kata Kasmidi.

Selain itu, menurutnya dengan menjadi Duta Budaya Kutim bukanlah akhir akan tetapi dengan terpilihnya maka akan ada banyak tugas yang harus dijalankan. Seperti mempromosikan budaya dan wisata misalnya.

“Dengan menjadi Duta Budaya Kutim maka secara langsung akan menjadi agen untuk mempromosikan budaya kita, memperkenalkan budaya asli kita dengan cara yang smart, dan dapat menjaga kearifan lokal kita,” pungkasnya.

Selain itu, menjadi Duta Budaya Kutim harus mampu membuktikan bahwa di era digitalisasi dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan segala hal seperi kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Diakhir sambutannya Kasmidi menegaskan mewakili Pemerintah Daerah Kutim sangat mendukung penuh dan mengapresiasi setinggi-tingginya pada Dinas Kebudayaan yang telah mengadakan perhelatan Duta Budaya Kutim 2022 untuk pertama kalinya di Tuah Untung Benua. (ADV/KOMINFO/JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button