AdvetorialKutimTerkiniWisata dan Kuliner

Dispar Kutim Dukung Program Agrowisata Di Dusun Rindang Benua

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM-
Kepala Dusun Rindang Benua yang terletak di Jalan Poros Sangatta-Bontang kilometer 10, Sekimin beberapa waktu lalu mengatakan sedang mempersiapkan agrowisata padi sawah seluas 100 hektar.

Rencana itu didukung penuh oleh Dinas Pariwisata Kutim, agrowisata atau pertanian tradisional bersinergi dengan kegiatan pariwisata selain menambah pendapatan asli daerah (PAD) juga menambah keuntungan bagi para petani.

“Saat ini Dispar Kutim sedang mempersiapkan program agrowisata, kita mendukung semua persiapan masyarakat yang ingin mengembangkan potensi daerahnya masing-masing,” ucap Plt Kepala Dinas Pariwisata Kutim, Jamri.

Terobosan pengembangan agrowisata ini, ucap Jamri memang masih dirancang dengan dinas terkait dan Pemerintah Daerah (Pemda) agar betul-betul siap untuk dikembangkan dan menjadi nilai jual untuk desa wisata dan menguntungkan para petani.

“Saat ini penataan desa wisata terus kami lakukan yang bersinergi dengan produk yang ingin dikembangkan di desa wisata,” ucapnya.

Peran pemerintah pun sangat diharapkan guna meningkatkan potensi desa atau dusun, Kutim sendiri memiliki banyak tempat wisata namun tidak semua ditunjang dengan infrastruktur yang memadai membuat daya tarik wisatawan dari luar kurang berminat.

“Semoga di kepemimpinan yang baru Infrastruktur yang sejak dulu di impikan bagi pelaku usaha pariwisata dapat segera dibenahi agar PAD Kutim dapat meningkat,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan saat ini sudah banyak sektor pariwisata yang berkembang namun itu bukan milik pemerintah tapi dikembangkan oleh pelaku swasta. Diharapkannya pemerintah dapat mendorong upaya masyarakat untuk membantu meningkatkan PAD dengan membenahi akses menuju lokasi wisata.

“Rata-rata yang mengelola itu swasta tapi mereka tetap berkoordinasi dengan Dispar, semoga juga pemerintah membantu infrastruktur agar pariwisata di Kutim segera meningkat sebab Kutim memiliki banyak potensi yang tak kalah dari daerah luar,” tutupnya.(adv/jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!