KesehatanKutimTerkiniTNI

Gelar Donor Darah, Lanal Sangatta Undang 135 Calon Pendonor

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID – Menyambut Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021, Pangkalan Angkatan Laut Sangatta menggelar kegiatan sosial berupa donor darah bertempat di Mako Lanal Sangatta, Jalan Malahayati komplek Perkantoran Bukit Pelangi, Kutim, Jumat (03/12/2021). Lanal Sangatta pun mengundang sekira 135 calon pendonor.

Kegiatan sosial donor darah tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kutim dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sangatta dan ditinjau langsung Komandan Lanal Sangatta, Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.M.,M.Tr.Hanla.,CHRMP didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab XIII DJA-II Ny. Gema I Komang Nurhadi.

Ia menambahkan selain kegiatan donor darah, Lanal Sangatta pun sudah menggelar kegiatan penanaman mangrove diseluruh wilayah pesisir Kutim juga Bontang, khitanan massal, bakti sosial, shooting skill, dan donor darah. Giat ini juga berdasarkan perintah dari Presiden RI, pimpinan TNI serta Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Danlantamal.

Komandan Lanal Sangatta, Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.M.,M.Tr.Hanla.,CHRMP
menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Armada tahun 2021 dan merupakan tindakan perikemanusiaan, disamping itu juga berguna bagi kesehatan pendonor. Setetes darah yang disumbangkan kepada orang lain sangatlah berarti untuk pertolongan jiwa manusia dan juga merupakan wujud kepedulian terhadap sesama.

“Tujuan kegiatan sosial donor darah dapat menumbuhkan kepedulian sosial dan membantu meningkatkan stok darah di PMI pada masa pandemi Covid-19. Selain itu meningkatkan kesehatan prajurit. Melalui donor darah, kita dapat mendeteksi penyakit serius dan dapat meningkatkan produksi sel darah merah, apalagi tadi ada pendonor yang memiliki golongan darah AB plus, itu darah yang sangat langka dan sangat dibutuhkan,” jelasnya.

I Komang, mengemukakan donor darah yang dilakukan adalah donor darah reguler. Donor plasma konvalesen belum bisa dilakukan, karena alat di Kutim belum tersedia.

Sebelum dimulai pengambilan darah oleh Tim kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Sangatta, calon pendonor terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui layak tidaknya darah seorang pendonor. Dalam kesempatan tersebut PMI Sangatta memaksimalkan 80 kantong darah hal itu dikarenakan terbatasnya wadah penyimpanan.

Selama kegiatan donor darah berlangsung, seluruh peserta tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa perwakilan tiap instansi dan undangan lainnya. Diantaranya Pengadilan Negeri Kutim, Kejaksaan Negeri Tinggi Sangatta, Polres Kutim, Kodim 0909/KTM, Pengadilan Agama Kutim, Bea Cukai Kutim, SAR, Basarnas, KSOP, BPBD, Dinas Satpol PP, Upt Perkebunan, PT KPC, PT Pertamina, PT PAMA Persada, KNPI, Saka Bahari, Bayangkari, Persit, Jelasenastri, dan Pondok Pesantren Paqusata Sangatta.(JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button